Fungsi Paku Dalam Kehidupan Sehari – Hari Depok Jakarta

Toko citra bangunan depok menjual paku www.teknikdepok.com

Fungsi Paku Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Sebelum kita bahas fugsi paku ada baiknya kita mengenal kembali macam macam paku.

Biasanya paku yang terbuat dari besi biasa digunakan untuk memaku kayu, triplek, papan, sementara yang terbuat dari besi baja “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami”  umumnya digunakan untuk dinding beton, atau benda yang lebih keras dari papan.

1. Paku Beton Putih

 Paku beton ini paling banyak digunakan untuk keperluan pemakuan pada dinding beton sekalipun bisa digunakan pada kebutuhan lain.

Paku Beton PutihKalau bicara harga, paku beton ini dihargai lebih mahal dibanding paku kayu atau paku lainya, karena kualitas nya yang lebih kuat dibandingkan paku lain.

2. Paku Beton Hitam

 Perbedaannya adalah dari sisi penggunaan, kalau paku baja putih umumnya digunakan untuk keperluan membuat gantungan di dinding atau sebagai pengait kawat, kalau paku di bawah ini umumnya digunakan sebagai paku untuk pengait kabel.

Paku Beton BlackPernah melihat pengait kabel yang ada di dinding gak? pengikat kabel yang berwarna putih, terbuat dari plastik. Agar plastik pengikat kabel tersebut bisa menempel di dinding beton tentu harus dipaku, kalau menggunakan lem pasti gak akan kuat. Untuk mengatasi hal ini maka digunakan paku baja hitam yang bisa menembus dinding beton.

3. Paku Kayu

paku yang paling banyak dan paling sering digunakan adalah paku kayu. Paku kayu sudah menjadi satu kebutuhan pokok dalam dunia konstruksi, mau konstruksi apapun itu coba anda cek di lokasi, ada paku kayu gak ? saya pastikan ada.

Fungsi paku kayu sangat banyak sekali, untuk memaku papan, triplek, kayu balok dan kebutuhan pemakuan material kayu jenis lain, hampir semuanya menggunakan paku jenis ini. Memang kalau kita bicara tentang kekuatan atau daya tembus paku ini masih kalah dengan kedua paku di atas.

See also  Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan?

Paku Kayu akan tetapi di dunia rekayasa atau dunia engineering, ada slogan yang mengatakan “Kalau bisa pakau material dengan kekuatan sedang dan harga lebih murah, ngapain harus pakai material yang berkekuatan tinggi dengan harga yang mahal”, dengan kata lain Kalau bisa pake paku kayu, kenapa harus paku beton 🙂

4. Paku Payung

Paku ke empat ini adalah paku payung, paku yang berbentuk seperti payung, runcing dibawah di atas ada payung nya. Payung tujuannya adalah untuk menghindari basah apabila kita sedang berjalan dibawah hujan. Paku payung ini juga punya prinsip yang sama dengan payung. Paku payung digunakan untuk memaku seng yang konturnya bergelombang, kalau seng atap rumah dipaku dengan menggunakan paku biasa maka resiko bocornya atap rumah akan tinggi, karena lubang yang dihasilkan paku tersebut tidak tertupi, sehingga beresiko masuknya air. Untuk mengatasi hal itu, maka para engineer membuat paku payung seperti gambar di bawah ini, sehingga rongga yang dihasilkan oleh paku ini dapat terpayungi oleh payung paku, jadi air hujan tidak merembes ke dalam.

Ranjau paku adalah istilah untuk paku yang ditebar pelaku kejahatan di jalan dengan tujuan agar ban mobil atau sepeda motor yang melintas tertusuk paku tersebut sehingga mobil atau sepeda motor tersebut tidak bisa melanjutkan perjalanannya lagi.

Modus pelaku kejahatan tersebut antara lain agar kendaraan yang menjadi korban menambalkan ban-nya di penambal ban terdekat, atau untuk merampok kendaraan tersebut. Paku yang digunakan adalah paku biasa yang dibengkokkan agar mudah tertusuk ban.

Ranjau paku sering sekali diterbar di jalanan umum (lalu-lalang nya mobil dan sepeda motor), mengakibatkan polisi pun harus turun tangan untuk menjaga keamanan berkendara dengan memastikan jalanan bersih dari ranjau-ranjau paku.

See also  Jenis-Jenis Thinner Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat lain dari paku untuk keperluan sehari – hari :

1. Untuk Gantungan Kalender Dinding

Umumnya rumah di Indonesia masih menggunakan kalender dinding sebagai kalender rumah, walaupun ada kalender meja, tetap aja kalender dinding masih favorit. Perusahaan besar setiap tahun pasti akan membagi-bagikan kalender, baik yang dinding maupun yang di meja. Bank Nasional sering membagi-bagikan kalender ke Nasabah dan Debitur nya sebagai bagian dari kepedulian terhadap nasabah juga sebagai media promosi, contohnya Bank BNI, BRI, Mandiri.

Kalender dinding yang didapat biasanya akan di gantung di dinding, umumnya gantungannya menggunakan paku, kalau dinding kayu, yah..cukup pake paku kayu, tapi kalau dinding beton, harus pake paku beton, karna paku kayu sudah pasti bengkok.

2. Untuk Gantungan Kawat Jemuran

Model gantungan kawat jemuran jaman sekarang mungkin sudah sedikit yah, tapi untuk informasi saja, kalau di desa atau perkampungan yang tidak terlalu banyak produk gantungan baju dijual, maka gantungan kawat jemuran ini adalah pilihan paling banyak dipakai masyarakat pedesaan.

cara pembuatannya juga gampang, buat tiang tiang kayu model huruf T dua set, kemudian dengan satuan jarak yang sama pasang paku di lengan tiang tersebut, biasanya 6 paku cukup. Pasang di kedua tiang, kemudian ikatkan kawat besi untuk dijadikan gantungan baju pada kedua tiang tersebut. Tarik dengan ketat, sudah, jadi deh jemuran baju dari kawat.

3. Bisa Dipakai Buat “Nambal” Properti Yang Rusak

Paku juga dapat digunakan untuk “Menambal” properti yang rusak, seperti kursi, meja, lemari, tempat tidur, rak sepatu, dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi sebenarnya fungsi paku di sekitar kita, hanya saja paku ini karna barang kecil jadi orang banyak ngerasa fungsinya biasa saja, “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” kalau bagi saya sebagai penulis artikel ini, paku ini adalah barang yang luarbiasa hebat, mkn kalau gak ada paku perkembangan pembangunan tidak sepesat sekarang ini.

See also  Memperbaiki Dinding Yang Keropos

Itulah fungsi paku di kehidupan sehari hari,semoga apa yang kami sampaikan dapat menambah wawasan anda,jangan lupa klik kami di www.teknikdepok.com

 untuk mendapatkan berbagai penawaran paku sesuai kebutuhan anda.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=paku

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?