Macam macam Sambungan Paku Keling (Rivet)

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai macam macam metode penyambungan paku rivet.

Sambungan paku keling merupakan metode penyambungan yang digunakan untuk mengikat suatu bagian dengan bagian lainnya menggunakan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” paku keling (rivet).

Sambungan paku keling merupakan sambungan yang bersifat permanen atau tetap, di mana sambungan paku keling tidak dapat dilepas kembali atau dibongkar pasang, seperti sambungan baut dan mur,  kecuali dengan cara merusaknya.

Keuntungan sambungan paku keling adalah tidak adanya perubahan struktur pada logam yang disambung, seperti yang terjadi pada sambungan yang menerapkan, oleh karena itu sambungan paku keling banyak digunakan pada pembebanan dinamis.

Sedangkan kekurangan atau kerugian sambungan paku keling adalah diperlukannya pekerjaan awal, yaitu pengeboran lubang pada bagian yang akan disambung serta kemungkinan terjadinya karat disekitar lubang sambungan selama paku keling dipasang.

Paku keling biasanya dibuat dari bahan alumunium, perunggu, tembaga, nikel atau baja. Sebuah paku keling umumnya terdiri dari bagian kepala dan tangkai.

Ada beberapa jenis paku keling yang banyak dipakai, seperti paku keling kepala bulat, paku keling kepala tirus, paku keling kepala persegi, paku keling silinder flens, paku keling eksplosif dan pop rivet (blind rivet)

Sambungan paku keling banyak digunakan pada konstruksi atau komponen mesin yang bergerak, bergetar atau menerima tekanan yang cukup besar, seperti rangka baja, jembatan, pesawat terbang, crane, kopling, rangka mesin, otomotif, boiler dan lain-lain.

Pemasangan Paku Keling

Pemasangan paku keling dapat dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan mesin pemasang rivet.               

Pemasangan paku keling secara manual dilakukan dengan menggunakan peralatan, seperti palu, pembentuk kepala rivet dan landasan. Pemasangan paku keling secara manual ini dapat dikerjakan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1.  Buat lubang pada pelat/bagian yang akan disambung dengan cara dibor. Ukuran lubang ini umumnya dilebihkan sekitar 1,5 mm dari ukuran diameter tangkai paku keling yang akan digunakan.
  • Masukkan tangkai paku keling ke dalam lubang tersebut, di mana panjang tangkai yang ke luar dari pelat dibuat sama dengan 1,5 kali diameter paku keling.
  •  Ujung tangkai paku keling dipukul beberapa kali dengan menggunakan palu hingga kepala paku keling baru mulai terbentuk.
  •  Pasang die atau pembentuk kepala paku keling pada kepala yang mulai terbentuk pada ujung tangkai paku keling tadi. Kemudian pembentuk kepala paku keling tersebut dipukul-pukul dengan palu hingga diperoleh kepala paku keling dengan bentuk yang baik dan rapi.

Pada pemasangan rivet kepala tirus, maka lubang pada permukaan bagian yang akan disambung harus dibuat tirus (counter sunk) agar sesuai dengan bentuk kepala paku kelingnya.

Untuk pemasangan paku keling yang berukuran besar, maka paku kelingnya harus dipanaskan terkebih dahulu agar pembentukan kepala paku keling baru menjadi lebih mudah. Setelah paku kelingnya menjadi panas membara, selanjutnya tangkai paku kelingnya dimasukkan ke dalam lubang sambungan dan dipukul-pukul dengan palu seperti pada pemasangan paku keling berukuran kecil.

Pada paku keling eksplosif, pemasangannya tidak dipukul-pukul dengan menggunakan palu seperti pada pemasangan paku keling biasa, tetapi dipasang dengan cara pemanasan.

Pertama-tama paku keling eksplosif dimasukkan ke dalam lubang sambungan. Kemudian kepala paku keling dipanaskan dengan nyala api. Akibat dari pemanasan ini, maka bahan eksplosif yang terdapat di dalam ujung tangkai paku keling akan meletus dan ujung tangkai paku keling tersebut akan mengembang sehingga akan terbentuk suatu sambungan paku keling eksplosif.

Paku keling buntu (blind rivet) sering disebut juga sebagai pop rivet, dinamakan demikian karena paku keling ini dapat dipasang pada bagian sambungan yang hanya mempunyai akses atau jalan masuk pada satu sisi lubang saja.

Untuk memasang pop rivet ini diperlukan alat pemasang pop rivet, yaitu drive rivet (rivet gun) atau sering disebut juga sebagai tang rivet.

Langkah-langkah pemasangan pop rivet adalah sebagai berikut :

1. Masukkan tangkai paku keling ke dalam lubang dari bagian yang akan disambung.

2. Pasang drive rivet (rivet gun) ke dalam ujung tangkai tengah paku keling.

3. Tekan rivet gun dengan cukup kuat hingga terbentuk kepala paku keling baru.

4. Tarik rivet gun sehingga tangkai tengah (mandrel) dari rivet menjadi putus, dan terbentuklah suatu sambungan blind rivet.

    itulah beberapa  metode penyambungan “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” paku rivet yang bisa anda pilih,jangan lupa klik kami di www.materialbahanbangunan.com

untuk mendapatkan paku rivet yang anda inginkan.semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=paku%20rivet

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan