Keunggulan Konstruksi Dari Profil Baja Ringan

Keunggulan Konstruksi Dari Profil Baja Ringan

Baja ringanmerupkan material konstruksi yang kini semakin diminati karena keringanan dan ketahananya. Ia digunakan sebagai material pengganti baja konvensional dan kayu karena lebih efisien, murah, dan antirayap.

Rangka baja ringan tersusun atas lempeng-lempeng profil baja ringan yang bersifat lentur dan ringan dibandingkan rangka material lainnya. “tim www.teknikdepok.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ”Profil baja ringan dikenal dengan fleksibilitas dan kepraktisan pemasangannya.

Proses pemasangan profil baja ringan terbilang cepat, biasanya memakan waktu 4-5 hari jika dikerjakan oleh 3-4 orang tenaga pemasang yang sudah ahli dan familiar dengan rangka baja ringan.

Meski memiliki bobot yang ringan (9 kg/m²) dibandingkan material lainnya, seperti kayu (18 kg/m²) dan baja (25 kg/m²), rangka bangunan yang dirancang dari profil baja ringan justru dapat mengurangi beban bangunan saat terjadi guncangan.

Selain itu profil baja ringan yang dirancang dengan benar juga dapat menyokong bagian atap dengan baik. Atap sebagai bagian yang rawan ambruk jadi lebih stabil karena ditopang oleh profil yang membentuk rangka atap baja ringan.

Jenis- Jenis Profil Baja Ringan untuk Atap

Saat membeli baja ringan, biasanya produsen telah menyediakan gambar kerja yang dapat dijadikan panduan untuk memasang profil baja ringan. Proses pemasangan profil baja ringan pun dapat dikontrol dengan baik.

Namun, tiap-tiap produsen biasanya menyediakan profil baja ringan yang berbeda-beda, baik ukuran, bentuk, maupun jenisnya. Maka dari itu, kamu perlu lebih teliti dalam menentukan jenis profil apa saja yang tepat untuk menyusun konstruksi bangunan rumahmu.

Untuk mendapatkan komposisi profil baja ringan yang tepat kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan desain bangunan. Misalnya untuk membuat rangka atap baja ringan, jumlah dan struktur profil baja ringan perlu disesuaikan dengan bentuk dan jenis penutup atap.

See also  Macam-Macam Alat Penanda dan fungsinya Depok Jakarta

Berikut adalah profil baja ringan yang umum diproduksi oleh produsen baja ringan.

Profil Baja Ringan Z

Karena berbentuk seperti huruf Z, maka profil baja ringan ini dinamai profil Z. Profil baja ringan ini berfungsi sebagai profil utama dalam penyambungan, terutama untuk struktur kuda-kuda pada rangka atap. Tituk berat profil ini berada pada bagian tengahnya,membuat profil baja ringan ini dapat dengan mudah menyeimbangkan beban di kanan-kirinya.

Profil Baja Ringan C dan W

Kedua profil baja ringan ini melengkapi fungsi sekaligus kekuatan profil baja ringan Z. Keduanya memiliki bentuk yang sama, hanya saja profil W memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan profil C.

Ketiga profil baja ringan ini Z, C, dan W berfungsi sebagai batang struktural yang memiliki ketabealan 0.8-1 mm

Untuk mendapatkan komposisi profil baja ringan yang tepat kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan desain bangunan. Misalnya untuk membuat rangka atap baja ringan, jumlah dan struktur profil baja ringan perlu disesuaikan dengan bentuk dan jenis penutup atap.

Profil Baja Ringan B

Pada rangka atap baja ringan diperlukan batang penahan pada bagian penutup atap-nya (reng). Profil baja ringan B ini didesain lebih tipis dibandingkan profil baja ringan lainnya untuk dapat memenuhi fungsi tersebut.

Tips Merakit Profil Baja Ringan

Dalam merakit profil baja ringan, pastikan kamu menggunakan alat-alat penyambung seperti sekrup dan bracket yang telah disediakan produsen. Karena berbeda profil berbeda juga jenis sekrup dan bracket-nya.

Selain menyesuaikan dengan “tim www.teknikdepok.com membuat artikel ini dengan sepenuh hati, di harap jangan mengcopy artikel ini ” bentuk dan jenis material bangunan, perakitan profil baja ringan perlu disesuaikan dengan beban yang akan ditopangnya. Perakitan pun harus memenuhi kaidah-kaidah yang benar.

See also  Memperbaiki Dinding Yang Keropos

Dengan menggunakan profil baja ringan yang tepat, struktur bangunan rumah semakin kokoh dan tahan terhadap goncangan.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=konstruksi

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=baja

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?