Macam-Macam Mur dan Fungsinya

Hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian dari mur itu sendiri agar mempermudah Anda dalam membedakannya dengan benda lain. Mur merupakan perangkat yang tak lepas dari baut karena berguna untuk mengunci supaya lebih kuat. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Benda yang satu ini biasanya terbuat dari baja lunak sehingga tidak mudah berkarat dan bertahan sampai bertahun-tahun.

Adapun jenis-jenis dan fungsi dari mur adalah sebagai berikut:

1.             Hexagonal Nut

Dari namanya saja Anda bisa menebak kalau bentuk dari Hexagonal Nut adalah segienam pada bagian kepalanya. Biasanya jenis ini sering ditemukan di dalam bidang teknik.

2.             Square Nut

Kalau Suare Nut fungsinya untuk mengikat atau merekatkan bagian-bagian pada bodi pesawat maupun kereta api. Karena dipakai pada industri alat berat maka ukuran mur tersebut lebih tebal, kuat, dan juga besar.

3.             Castellated Nut

Pada Castellated Nut terdapat mekanisme sistem pengunci khusus dan unik sehingga berbeda dari lainnya. Tujuannya adalah agar bisa merekatkan benda lebih kuat dan tidak mudah bergesar atau bahkan lepas.

4.             Lock Nut

Berbentuk tipis dan berguna sebagai mur kedua pada sebuah baut agar kuncinannya bisa lebih kuat.

5.             Flange Nuts Fit Bolt Screws

Mur ini memiliki permukaan flange lebar di salah satu ujungnya. Fungsinya adalah untuk mengencangkan, mengurangi kerusakan pada pengunci yang longgar. Sangat cocok sekali jika dipakai pada berbagai macam alat elektronik berat karena daya kuncinya kuat serta awet.

6.             Mur Bertutup

Mur jenis ini disebut sebagai mur bertutup karena terdapat setiap alur di dalamnya seperti tertutup. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah terjadinya proses korosi pada baut sehingga lebih tahan lama. Mur bertutup sering sekali dipakai untuk mengencangkan roda-roda alumunium.

7.             Mur Castle

Mur castle sering juga disebut sebagai mur bergalur karena terdapat galur berbentuk silinder pada batangnya. Kegunaannya adalah untuk mencegah baut menjadi kendor dan gampang lepas. Mur castle umumnya dipakai merekatkan spare parts pada sistem kemudi atau stir kendaraan.

Macam-Macam Baut dan Fungsinya

Setelah mengetahui pengertian, jenis dan juga kegunaan dari mur, sekarang perhatikan pula tentang bautnya. Baut berbentuk batang atau tabung memanjang dan memiliki ulir (heliks) pada bagian tersebut.

Keberadaan baut tidak bisa lepas dari mur yang fungsinya sebagai alat pengunci. Lalu apa sajakah jenis dari baut?

1.             Hexagonal

Baut dengan bentuk hexagonal atau segi enam pada bagian kepala sering dipakai untuk berbagai macam keperluan sehari-hari. Misalnya saja dalam bidang industri, mebel, perabotan rumah tangga, elektronik, dan sebagainya.

2.             Segi Empat

Selain berbentuk segi enam, ada juga baut segi empat yang berguna sebagai pengunci pada alat-alat kontruksi bangunan.

3.             Flange

Baut flange mempunyai bentuk agak berbeda yaitu terdapat bubungan atau flens di bawah kepalanya. Fungsinya tetap sama seperti baut lainnya yaitu mengencangkan kunci atau ikatan.

4.             Plow

Sering disebut juga dengan baut kayu karena dipakai pada barang-barang yang terbuat dari kayu, misalnya lemari, meja, kursi, dll. Ciri dari mur ini mempunyai bentuk kepala seperti kubah tetapi lehernya berbentuk segi empat.

5.             Shoulder

Kalau baut shoulder mempunyai gerakan serta gesekan lebih besar sehingga sifatnya kencang dan kokoh. Sering dipakai untuk menyatukan bagian yang terbuat dari kayu, logam, dan sebagainya.

6.             Baut Bumper

Mungkin Anda sudah sering melihat baut bumper yang mempunyai bentuk pendek dan bagian kepala seperti jamur. Terbuat dari bahan stainless dan ulir di leher berbentuk persegi empat. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Salah satu gunanya adalah dipakai pada perabotan yang terbuat dari kayu.

7.             Baut Bentuk L

Baut L paling sering dipakai dan jadi andalan bagi masyarakat karena bentuknya sederhana dan juga rapi. Ditemukan pada bodi motor ataupun mobil untuk mengikat beberapa spare partsnya.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI dari jam 06.30 – 17.30 WIB hari minggu pun buka tidak ada libur
dan untuk kebutuhan lainnya. anda bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=mur

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan