Berbagai Jenis Dempul Menurut Fungsi atau Kegunaannya Depok

Berbagai Jenis Dempul Menurut Fungsi atau Kegunaannya

Dempul atau putty merupakan bahan finishing yang digunakan untuk mengisi celah dan lobang baik pada tembok,bahan logam maupun pada kayu. Bahan ini diaplikasikan dengan cara diisikan pada celah atau lubang “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” dengan menggunakan scrap atau kape.Setelah itu baru dilakukan pengamplasan agar permukaannya menjadi lebih rata dan lebih halus. Jenis dempul menurut fungsi atau kegunaannya antara lain dempul tembok atau plamur tembok,dempul besi atau logam,dempul kayu,plamur kayu dan wood filler.

Jenis dempul tembok biasa disebut juga plamur tembok fungsinya sebagai cat dasar yaitu untuk meratakan permukaan tembok sebelum dicat agar pengecatan tembok menjadi lebih mudah,cepat kering dan hasilnya maksimal. Disamping itu penggunaan cat tembok jadi lebih hemat karena tidak terlalu meresap ke dalam tembok baru.

Jenis dempul besi atau logam berfungsi untuk meratakan besi atau logam misalnya digunakan pada bengkel las,bengkel mobil,konstruksi besi dan lain sebagainya. Jadi fungsi dempul besi yaitu untuk meratakan permukaan besi agar pengecatan besi menjadi lebih mudah dan hasilnya lebih rapi.

Jenis dempul kayu berfungsi meratakan kayu agar pengecatan atau pekerjaan finishing kayu menjadi lebih mudah. Bahan ini sebagian besar diaplikasikan pada kayu mentah sebelum proses finishing dimulai. Dempul kayu ada yang benar-benar merupakan dempul kayu dan ada yang berupa wood filler. Keduanya dibuat dengan tujuan yang berbeda dan  memiliki sifat yang sedikit berbeda pula.

Wood filler merupakan bahan yang digunakan untuk mengisi pori-pori atau serat kayu, sedangkan dempul kayu merupakan bahan yang digunakan untuk menutup lobang atau celah pada kayu. Bahan dasarnya memang hampir sama namun dempul kayu dibuat lebih padat dan lebih cepat kering. Sedangkan wood filler dibuat lebih halus dan berguna untuk lebih menonjolkan keindahan serat kayu.

See also  Layakkah Full Body Harness yang Anda Gunakan? Periksa Masa Kedaluwarsanya!

Contoh jenis dempul yang dijual di toko bangunan antara lain:

MATEX PUTTY(plamur matex)

Matex putty adalah jenis dempul atau plamur tembok yang berfungsi untuk menambal atau meratakan tembok yang retak-retak,berlubang kecil atau tidak rata sehingga permukaan tembok menjadi rata dan halus.Dapat digunakan untuk tembok bagian dalam,langit-langit,batako dan beton.

Berbagai Jenis Dempul Menurut Fungsi atau Kegunaannya 1

HARGA MATEX PUTTY

Ukuran  Harga

4 kg        Rp.55.000

1 kg        Rp.20.000.

RJ Wall Putty adalah Acrylic Copolymer Emulsion Putty bermutu tinggi cocok digunakan untuk interior dan eksterior. Bahan yang digunakan yaitu dempul premium, sangat cocok dalam konstruksi dan proyek yang memerlukan hasil yang sangat halus.

Berbagai Jenis Dempul Menurut Fungsi atau Kegunaannya 2

RJ Wall Putty dianjurkan untuk permukaan baru dan lama, cocok untuk mengisi retak, sendi, meratakan permukaan yang kasar tidak rata seperti pada beton, semen dinding, langit-langit, papan asbes, struktur bata, papan kapuk, mebel kayu dan pintu.

Ukuran  Harga

5 kg        Rp.45.000

1 kg        Rp.18.000.

Produksi RJ London

Dempul Sanpolac

San Polac adalah polymer atau sering disebut dempul plastik. Gunanya untuk mengisi atau membentuk. San Polac menggunakan hardener (resin). Setiap pembelian San Polac mendapat resin. San Polac agak keras dan cepat kering, susah untuk finishing yang halus.

Dempul

Cara Pemakaian :

1.Hilangkan cat lama,karat,sisa kerak oli,abu,air dll.sampai bersih benar.

2.Aduklah dengan hardener sampai rata (perbandingan standar antara dempul dan hardener adalah 100:2 menurut berat).

3.Gunakan adukan dengan kape dalam waktu pot life (waktu potlife adalah 5-7 menit pada suhu 30 derajat celcius dan dapat berubah tergantung pada suhu dan kelembaban nisbi).

4.Pengampelasan dapat dilakukan setelah kering (setelah satu jam pada suhu 30 derajat celcius).

See also  Lantai Parket,Lantai yang Unik dan Indah serta Tahan Lama Depok

HARGA SAN POLAC

Ukuran  Harga

1 kg        Rp.35.000

1/4 kg    Rp.15.000.

Isamu

Isamu jenis dempul yang hampir sama dengan Sanpolac, perbedaannya yaitu Isamu lebih lembut atau lunak. Isamu juga tidak menggunakan resin, cocok digunakan untuk finishing.

Dempul

Ukuran  Harga

1 kg        Rp.50.000

1/4 kg    Rp.20.000.

Impra Woodfiller

IMPRA WOOD FILLER terbuat dari bahan pengisi, zat warna, alkyd dan resin nitrosellulosa untuk mengisi pori-pori kayu sehingga dapat menghasilkan permukaan kayu yang halus.

Berbagai Jenis Dempul Menurut Fungsi atau Kegunaannya 3

KEUNGGULAN

Menyerupai warna permukaan kayu

Meresap “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” dengan baik kedalam serat-serat kayu

Mudah diaplikasikan

Cepat kering

Mudah diamplas

Memiliki daya lekat yang baik untuk lapisan berikutnya

TAHAPAN APLIKASI

Produk ini adalah formulasi untuk diaplikasikan pada kayu polos.

Aplikasikan WOOD FILLER secara merata dan tekan hingga meresap kedalam pori-pori kayu menggunakan spatula.

Amplas permukaan dengan kertas amplas no. 240, setelah kering 30 – 60 menit.

Jika diperlukan dapat diaplikasikan cat lainnya untuk mengisi pori-pori kayu tersebut.

Thinner : THINNER SERBA GUNA PRO.

TThinner : THINNER SERBA GUNA PRO.

TIPE PRODUK DAN WARNA IMPRA

Tipe Produk         Warna

WF-115 Borneo, Jati, Kamper, Merbau

SH-113  Oak, Ramin, Sungkai, Teak

SH-114  Blue, Brown KJ, Deep Black,Forest Green, Green, Red, Mahony, Grey, White

WP-117 Black, Grey, White

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

See also  Cara pemasangan engsel pintu depok

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?keyword=dempul

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?