Cara Mengikir Gergaji agar Tajam Depok

: Toko bangunan citra depok menjual gergaji.

www.materialbahanbangunan.com.

Cara Mengikir Gergaji agar Tajam

www.teknikdepok.com/alamat

Mengikir gergaji itu sangat perlu karena untuk menjaga agar gergaji tetap tajam pada saat akan dipakai atau digunakan.

Bagaimana cara mengikir gergaji agar tajam? Proses pengikiran gergaji pada dasarnya tidak hanya bermaksud untuk membuat mata gergaji tersebut tajam, tetapi kita juga perlu memperhatikan sejumlah detail untuk mempermudah penggunaannya. Faktor detail inilah yang bisa menyebabkan mata gergaji yang tajam tidak mampu memotong kayu.

Bilah gergaji secara keseluruhan harus benar-benar lurus. Jika gergaji bengkok akibatnya garis potong menjadi lebih besar, hasilnya tidak rata, dan dibutuhkan tenaga ekstra untuk menggerakkan gergaji. Demikian juga mata gergajinya harus diperhatikan hasil akhir pada posisinya supaya berada pada satu garis lurus dengan toleransi seminimal mungkin.

Jika dicermati secara seksama, susunan mata gergaji selalu bengkok, memiliki sudut tertentu dari garis bilah, dan barisannya pun selalu berbanding sama. Sebagai contoh, mata gergaji urutan ganjil akan membengkok ke kanan, sedangkan mata gergaji urutan genap akan membengkok ke arah kiri. Bentuk ini menciptakan ruang gerak dengan sudut tertentu di antara mata gergaji. Semakin lebar sudut yang dihasilkan, maka semakin besar pula garis potong yang terbentuk. Namun bila sudut ini terlalu kecil berpotensi besar menyebabkan bilah gergaji terjepit di sela-sela potongan kayu.

Tahukah Anda, ada tiga jenis gergaji yang dapat dibedakan menurut peruntukannya yaitu gergaji potong, gergaji belah, dan gergaji standar.

Gergaji potong mempunyai mata yang ramping dengan arah ketajaman satu sisi ke depan dan satu sisi ke belakang. Itulah kenapa gergaji ini akan menghasilkan potongan kayu yang presisi sehingga ukuran potongannya tidak berkurang banyak.

See also  Jenis – jenis obeng depok

Gergaji belah memiliki mata yang lebih lebar ke samping dan arah ketajamannya berbeda-beda. Gergaji ini paling baik digunakan untuk pekerjaan membelah kayu karena dapat menghasilkan belahan yang lurus.

Gergaji standar merupakan sebutan untuk gergaji yang baru dibeli dengan struktur mata yang masih bawaan pabrik. Gergaji ini biasanya mempunyai kerenggangan mata menyerupai gergaji potong, tetapi ketajamannya seperti gergaji belah

Baiklah pada panduan kali ini, kita akan mengikir gergaji standar/gergaji baru dengan susunan mata bawaan pabrik yang belum pernah dikikir sebelumnya.

Alat dan bahan :

Gergaji

Kikir

Langkah-langkah :

Tentukan terlebih dahulu apakah Anda akan membentuk mata gergaji tersebut menjadi gergaji potong, gergaji belah, atau gergaji standar. Meskipun dapat digunakan untuk berbagai keperluan, gergaji standar mempunyai kelemahan yaitu bilahnya sering terjepit pada waktu proses penggergajian sedang berlangsung. Hal ini mengakibatkan Anda mengalami kerugian pada tenaga dan waktu serta hasil gergajinya pun tidak terlalu bagus. Setelah Anda berhasil memutuskan jenis gergaji apa yang akan dibuat, silakan berlanjut ke tahap kedua.Letakkan gergaji di atas bantalan kayu sembari injak bagian bilahnya yang rata memakai kaki kanan untuk menahan posisi gergaji tersebut agar tidak bergerak-gerak.Pegang kiri menggunakan kedua tangan Anda. Tangan kanan dipakai untuk menggenggam bagian gagang kikir“dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami”am mata gergaji, gesekkan kikir ke pemukaan mata gergaji dengan gerakan yang searah dan teratur. Lakukan gerakan penggesekan menggunakan kikir ini ke arah depan mata gergaji. Setelah hampir sampai di pangkal kikir, Anda bisa mengangkat kikir tersebut. Ulangi gerakan menggesekkan kikir ke permukaan mata gergaji ini sebanyak 2-3 kali. Hindari menggerakkan kikir dengan cara menariknya ke arah belakang.Sementara itu, untuk mengubah kedalaman gergaji belah, caranya adalah sebagai berikut. Sebelum proses pengikiran mata gergaji dimulai, Anda bisa merentangkan mata-mata gergaji ke arah yang sesuai dengan sisi tajam gergaji tersebut. Perhatikan bahwa ukuran lebar rentang mata gergaji belah yang ideal berkisar antara 0,2-0,3 mm, sedangkan lebar rentang mata gergaji potong kurang dari 0,2 mm. Gesekkanlah kikir dengan cara yang sama seperti proses pengasahan mata gergaji standar pada langkah 4 di atas. Namun untuk arah gerakan kikirnya berbeda yaitu pengikiran dilakukan pada masing-masing sisi gergaji. Gergaji sisi kanan dikikir dengan arah ke depan saja, sedangkan gergaji sisi kiri dikikir ke arah belakang saja.

See also  Macam Macam Kawat Nyamuk yang Ada Dipasaran Depok

Memang agak rumit ,namun hal itu memang perlu kita lakukan jika ingin gergaji kita tetap tajam,meskipun sudah dipakai berkali kali.jangan lupa hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com. untuk mendapatkan kikir atau gergaji yang anda butuhkan.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?source=universe&st=product&keyword=gergaji

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?