Kelemahan Formula Dempul Serbuk Kayu Untuk Mengatasi Cacat Kayu depok

Toko bangunan citra depok menjual dempul kayu.

www.matetialbahanbangunan.com.

Kelemahan Formula Dempul Serbuk Kayu Untuk Mengatasi Cacat Kayu

Dempul kayu yang sudah jadi yang dijual di toko bangunan tentu saja sangat efektif, aman dan baik digunakan.Tetapi bagaimana dengan dempul yang dibuat sendiri.

Serbuk kayu + lem putih untuk dempul kayu, efektifkah?

Cacat kayu perlu diatasi agar tidak mengganggu proses finishing. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan aplikasi dempul serbuk kayu agar cacat kayu tersamarkan.

Penampilan dari kayu menjadi salah satu tolok ukur nilai kayu tersebut. Penampilan kayu yang tidak menguntungkan kayu secara penampilan dan mengurangi nilai estetika maupun fungsi kayu seringkali disebut dengan cacat kayu. Tentu saja setiap pengusaha mengharapkan mendapatkan kayu yang tidak banyak cacatnya. Namun sayangnya cacat kayu tersebut tidak bisa dihindari.

Cacat-cacat kayu bisa terjadi bukan hanya pada saat kayu setelah tebang saja. Saat kayu dalam proses penggergajian, proses pengeringan, proses penyimpanan bahkan saat finishing, cacat kayu masih bisa terjadi. Oleh karena itu, di setiap proses ini cacat kayu perlu diwaspadai. Jika sudah terlanjur ada, maka perlu dilakukan upaya khusus di tahapan-tahapan tersebut untuk mengurangi cacat kayu tersebut.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Cacat Kayu

Kayu terutama kayu dari daerah tropis seringkali mengalami kerusakan atau yang lebih dikenal dengan cacat kayu. Cacat kayu yang dibiarkan dan tidak direvisi sebelum proses finishing dilakukan tentu saja bisa mengakibatkan menurunnya kualitas hasil finishing. Oleh karena itu, sebelum proses finishing dilakukan, para pekerja furniture sering melakukan proses untuk merevisi atau memperbaiki cacat kayu.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah maupun memperbaiki cacat kayu timbul di permukaan kayu. Untuk mencegah cacat kayu yang diakibatkan oleh serangan serangga maupun jamur, biasanya dilakukan proses pengawetan sejak kayu ditebang.

Proses pengawetan ini dilakukan untuk mencegah serangga perusak kayu seperti kumbang penggerek, kumbang bubuk, rayap dan berbagai jenis kumbang kayu lainnya. Tujuan lainnya, untuk mencegah serangan jamur yang bisa merusak penampilan kayu, misalnya jenis jamur bluestain.

Cara lain yang seringkali digunakan oleh para pekerja furniture dan handicraft berbahan kayu adalah dengan melakukan proses pendempulan menggunakan dempul kayu. Proses pendempulan yang berfungsi untuk menutup cacat kayu tersebut menjadi cara ampuh untuk menutupi cacat permukaan kayu, sehingga ketika di-finishing menjadi lebih mudah.

See also  Macam dan Jenis Kawat Duri Depok Jakarta

Jenis-jenis Cacat Kayu dan Efeknya Terhadap Hasil Finishing

jenis-jenis cacat kayu

Berbagai jenis cacat kayu yang seringkali kita temui pada berbagai kayu tropis yang membutuhkan pendempulan antara lain:

Retak atau pecah kayu. Kondisi ini bisa menyebabkan kayu berkurang kualitasnya, terutama akan mengurangi kualitas hasil finishing.

Cacat mata kayu. Secara umum, mata kayu menurunkan kualitas kayu. Namun di beberapa jenis kayu, mata kayu ini justru dianggap mempercantik tampilan kayu.

Hati kayu. Menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan proses finishing di bagian hati kayu. Apalagi jika di bagian ini terjadi retak hati kayu.

Lubang bekas serangga. Serangan serangga seringkali terjadi bahkan sejak kayu masih hidup. Serangga sering membuat sarang untuk meletakkan telur sekaligus untuk bersarang. Jika dibiarkan, lubang serangga bisa merusak penampilan permukaan kayu dan menyulitkan saat proses finishing dilakukan.

Lubang bekas paku. Bekas paku pada permukaan kayu jika dibiarkan akan menyusahkan di proses finishing. Proses pendempulan perlu dilakukan untuk mengisi lubang dan menyamarkan bekas paku. 

Cacat warna karena noda jamur. Seringkali kayu terserang jamur penyebab noda kayu yang menimbulkan noda warna kebiru-biruan dan atau kehitam-hitaman. Noda kayu ini tidka hilang jika tidak dilakukan treatment khusus.

Cara Mengatasi Cacat Kayu

Ada berbagai cara yang dikenal di dunia furniture untuk mengatasi cacat kayu. Untuk jenis cacat warna kayu yang diakibatkan oleh jamur blue stain ataupun black stain, lazimnya dilakukan proses bleaching menggunakan white agent. Perendaman menggunakan white agent bisa membantu men-similarkan kayu doreng maupun kayu yang terkena jamur blue stain atau black stain tersebut. Sehingga saat proses finishing dilakukan, prosesnya menjadi lebih mudah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi cacat kayu seperti kayu berlubang karena serangga ataupun paku, retak kayu, maupun jenis kayu dengan pori-pori yang besar? Berikut beberapa cara yang secara umum digunakan oleh para pekerja finishing.

Pemakaian serbuk kayu yang dicampur dengan lem putih. Teknik ini biasanya dilakukan untuk mengatasi jenis cacat kayu dengan lebar 5 hingga 10 mm. Atau biasa disebut dengan cacat kayu sedang. Misalnya saja cacat karena bekas lubang paku atau bekas rayap.Penggunaan serbuk kayu yang dicampur dengan lem jenis Cyanoacrylate. Yaitu jenis lem yang memiliki kecepatan kering super cepat dan daya rekat sangat kuat. Contohnya adalah lem G atau Alteco. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kamiTeknik dempul menggunakan formula ini seringkali menjadi senjata andalan para pekerja kayu yang dikejar tenggat waktu produksi. Salah satu keunggulannya adalah prosesnya cepat dan hasilnya tidak mudah ambles. Namun, tentu saja pekerjaan instan selalu di-iringi dengan resiko.Penggunaan pasak yang kemudian dihaluskan menggunakan wood filler. Teknik menggunakan pasak biasanya dilakukan pada jenis cacat kayu dengan lebar lebih dari 10 mm dan kedalaman yang sama. Biasanya ditimbulkan olehbekas dowel, lubang karena kumbang kayu, kayu pecah, atau lubang mata kayu yang besar.

See also  Cara Pasang Pompa Air Depok Jakarta

Ketiga cara tersebut lazim digunakan oleh para pekerja furniture untuk mengatasi cacat kayu, tentu saja disesuaikan dengan jenis cacat kayu yang dihadapi. Meskipun ketiga jenis cara ini sudah lazim digunakan, bukan berarti ketiganya tanpa resiko saat diaplikasikan. Oleh karena itu cara-cara baru yang lebih mudah dan lebih praktis serta lebih minim resiko selalu dicari dan dikembangkan didunia kayu.

Ramuan Serbuk Kayu dan Lem Putih Sebagai Dempul Serbuk Kayu, Efektifkah?

Secara umum, orang menggunakan jenis ramuan serbuk kayu dan lem putih untuk mengatasi cacat kayu. Pertanyaannya adalah seberapa efektif cara ini dilakukan? Faktanya, di lapangan banyak terjadi keluhan menggunakan ramuan ini.

Berikut ini fakta-fakta di lapangan ketika menggunakan dempul serbuk kayu yang dicampur dengan lem putih sebagai dempul untuk mengatasi cacat kayu:

Lama kering. Ternyata menggunakan serbuk kayu dicampur lem putih membutuhkan waktu yang lama untuk kering (lama kering).

Fakta lain, penggunaan ramuan ini ternyata juga menimbulkan masalah. Karena saat diaplikasikan ternyata efektifitas daya tutup pori ataupun lubang juga kurang bagus (ambles).

Amplasan alot. Selain lama kering dan ambles, ternyata setelah kering amplasannya alot. Tidak mudah untuk diamplas.

Fakta lain yang sering dijumpai adalah hasil aplikasi menggulung (nglunthung).Hasil lapisan film yang tercipta setelah aplikasi kurang keras. Hal ini bisa mempengaruhi hasil finishing akhir.

Itulah beberapa fakta yang ditemukan di lapangan saat menggunakan serbuk kayu + lem putih sebagai dempul.

Perbedaan Hasil Aplikasi Formula Dempul Serbuk Kayu Untuk Mengatasi Cacat Kayu

Lantas, bagaimana jika dibandingkan dengan cara-cara lain untuk mendempul? Adakah cara yang efektif untuk mengatasi cacat kayu?

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami efek samping dari formula dempul yang kita pilih.

See also  Apa Itu Tekstil Tape? Bagaimana Cara Pemakaiannya?

Jangan sampai hanya karena memburu harga murah, pada akhirnya kita sendiri yang kerepotan. Pastikan untuk menggunakan formula dempul yang aman untuk jangka panjang, proses pengerjaannya mudah, dan memiliki efektivitas yang bagus.

Jika Anda sering mengalami gagal mengatasi cacat kayu dengan menggunakan ramuan serbuk kayu + lem, formula dempul kayu berikut perlu Anda coba. Mungkin Anda sudah berusaha maksimal tapi ternyata hasilnya masih ambles, lama kering bahkan hasilnya ada bekas lem yang susah untuk dihilangkan.

wood filler sebagai dempul

Biovarnish wood filler ditambah dengan serbuk kayu bisa membantu mengatasi masalah-masalah tersebut. Anda tinggal mengisi lubang atau retak yang ada (lebar <10 mm) dengan menggunakan campuran kedua produk tersebut. Pastikan lubang terisi penuh dengan camuran wood filler dan serbuk kayu yang telah dicampur rata.

Untuk menutup bagian atasnya, gunakan wood filler saja. Wood filler bisa membantu menutup retak rambut, pori-pori kecil yang belum tertutup. Tunggu hingga kering, kemudian amplas hingga yang tersisa yang ada di dalam pori-pori. Pastikan yang tertinggal hanya yang ada di dalam pori-pori saja. Jadi bagaimana anda mau pakai yang mana,dempul jadi atau dempul bikinan.semua tergantung pilihan anda.s3moga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.silahkan hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?source=universe&st=product&keyword=dempul%20

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?