8 Jenis Gunting yang Wajib Dimiliki Penjahit Depok

Toko Citra Bangunan Depok menjual gunting

8 Jenis Gunting yang Wajib Dimiliki Penjahit

Jenis Gunting Jahit –  Dalam dunia jahit menjahit dan konveksi selain mesin jahit, gunting juga merupakan peralatan penting yang harus dimiliki penjahit. Gunting secara umum memiliki fungsi untuk memotong barang yang tipis, tetapi dalam dunia jahit menjahit ada beberapa jenis gunting yang dibedakan berdasarkan fungsinya.

Setidaknya ada 8 jenis gunting yang wajib dimiliki penjahit agar proses menjahit berjalan dengan baik. Mulai dari gunting kain, gunting kertas, gunting zigzag, gunting bebek, gunting bordir, gunting benang, gunting listrik dll. Seperti yang sudah kita sebutkan diatas gunting-gunting tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Bagi Sahabat BahanKain yang masih awam dalam dunia perjahitan pasti merasa bingung kenapa begitu banyak gunting yang diperlukan dalam menjahit. Mungkin akan muncul pertanyaan kenapa harus dibedakan antara gunting untuk kain dengan untuk kertas, jawabanya adalah untuk menjaga ketajaman gunting tersebut.

Macam Macam Jenis Gunting Jahit

Gunting Kain

gunting kain

Sesuai namanya gunting kain digunakan khusus untuk menggunting kain. Jenis gunting ini biasanya memiliki bobot yang lebih berat dibanding dengan gunting kertas. Karena fungsi gunting ini sangat penting kami sarankan membeli gunting dengan kualitas dengan kualitas bahan yang bagus dan sangat tajam.

Ketajaman gunting kain sangat penting karena jika tidak tajam bisa merusak kain. Untuk menjaga ketajaman gunting ini pastikan hanya digunakan khusus untuk kain saja.

Gunting Kertas

gunting kertas

Gunting kertas juga diperlukan untuk penjahit, fungsinya adalah untuk memotong kertas pola dan semua bahan yang terbuat dari kertas. Soal harga jenis gunting kertas lebih murah dibanding gunting kain.

Gunting Bordir

jenis gunting bordir

Jangan salah mengartikan, gunting bordir bukan berarti gunting untuk membordir, gunting ini bertujuan untuk membersihkan benang dari hasil bordiran sehingga hasil bordir terlihat bersih dan rapi.

Ciri-ciri dari gunting bordir adalah berbentuk kecil dengan ujung gunting yang runcing dan melengkung sehingga bisa memotong benang secara mempet. Jenis dari gunting bordir ada dua, gunting bordir melengkung single dan ganda.

Gunting Zigzag

jenis gunting zigzag

Butuh memotong dengan tepi kain gerigi? Gunting zigzag ini lah solusinya. Potongan zigzag pada kain berfungsi agar benang bagian tepi tidak mudah teruai. Jenis gunting ini mungkin jarang digunakan oleh penjahit tetapi lebih banyak digunakan untuk kebutuhan kerajinan atau craft. Di BahanKain sendiri jenis gunting ini sering kita gunakan untuk pembuatan catalog kain sample agar terlihat lebih rapid an bagus.

See also  Tips Agar Baja Ringan Di Rumah Tak Mudah Berkarat

Gunting Benang / Snips

Gunting Benang / Snips

Dilihat secara bentuk, gunting benang memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan gunting pada umumnya. Fungsi dari gunting ini untuk memotong/menggunting benang di bagian yang sulit digunting jika menggunakan gunting besar.

Gunting Kecil

jenis gunting kecil

Gunting kecil digunkan untuk memotong sisa benang atau bagian-bagian kecil ketika proses menjahit. Dengan ukuran yang lebih kecil bertujuan agar tidak terjadi kesalahan potong/kebablasan sehingga dapat merusak pola yang sudah ditentukan.

Gunting Bebek

Penamaan dengan sebutan gunting bebek karena gunting ini memiliki pisau berbentuk dayung yang seperti paruh bebek. Fungsi dari gunting ini adalah untuk memotong kain tambahan ketika proses menjahit.

Gunting Listrik

Untuk skala industry atau konveksi penggunaan gunting listrik sangat penting untuk mempercepat proses pemotongan kain karena dengan bantuan gunting listrik dapat memotong dalam jumlah dan ukuran yang banyak.

Nah itu dia 8 jenis gunting yang biasa digunakan oleh penjahit. Semoga bermanfaat.

Jika anda membutuhkan gunting hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Toko Citra Bangunan Depok menjual gunting klik di www.materialbahanbangunan.com

Macam-macam Gunting Salon/Barbershop dan Kegunaannya

Gunting Standard

Gunting standard

Gunting standard adalah salah satu gunting yang paling sering kamu temui saat berada di salon kecantikan untuk memperbaiki penampilan rambutmu. Seperti namanya, gunting standard ini memang didesain dengan model standard sama seperti gunting pada umumnya.

Lalu apa bedanya gunting rambut dengan gunting kertas atau bahkan gunting lainnya? Bedanya adalah, gunting rambut dirancang secara khusus, terutama pada mata guntingnya. Mata gunting dibuat sangat tajam dan ketika dibuat untuk memotong tidak melipat atau membelokkan rambut. Gunting rambut juga dibuat lebih lurus tidak seperti gunting lainnya.

Dari segi harga, gunting rambut juga lebih mahal. Karena gunting rambut terbuat dari logam yang berkualitas. Karena itulah, kamu disarankan menggunakan gunting khusus agar rambut tidak rusak ataupun bercabang.

Gunting standard memiliki panjang dan desain yang berbeda-beda. Gunting yang digunakan harus nyaman jika dipegang, karena selain berfungsi untuk memotong rambut, gunting juga berfungsi sebagai alat untuk membuat jangkauan tanganmu lebih panjang. Dengan menggunakan gunting standard, para penata rambut professional akan dapat menghasilkan berbagai macam model rambut seperti, blunt cutting, sliding, dan membuat tekstur pada rambut.

See also  Cara Menajamkan Kapak

Gunting Penipis (Hair Thinning Shears)

Gunting penipis

Jenis gunting yang sering dipakai para penata rambut adalah, gunting penipis. Seperti namanya, gunting penipis memiliki fungsi untuk menipiskan rambut yang tebal tanpa harus mengurangi panjang dari rambut itu sendiri. Gunting penipis hanya dapat digunakan pada rambut yang sudah kering (bukan basah).

Jika kamu ingin menambah volume rambutmu atau mengubah penampilan rambut menjadi lebih berbentu shaggy, biasanya para penata rambut akan menggunakan gunting penipis. Bahkan terkadang, gunting penipis menciptakan hasil penampilan sama yang diberikan oleh pisau cukur, hanya saja lebih beraturan.

Memiliki bentuk sama dengan gunting yang lainnya, hanya saja gunting penipis berbeda pada mata gunting. Gunting standar memiliki mata gunting dengan desain garis lurus tajam sempurna, sedangkan gunting penipis memiliki dua tipe mata gunting yang berbeda. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami” Gunting penipis memiliki memiliki satu mata pisau bergerigi seperti sisir pada salah satu sisinya dan satu mata pisau biasa pada mata pisau lainnya.

Clipper

Clipper mungkin lebih sering ditemui saat kamu ke barber shop. Clipper yang banyak diketahui oleh banyak orang, digunakan untuk memangkas rambut yang pendek atau bisa dikatakan sangat pendek seperti potongan untuk para anggota militer. Selain itu, clipper juga sangat bagus digunakan untuk blunt cutting.

Untuk menghasilkan potongan rambut yang lebih lancip dan membuat garis tipis yang beragam agar penampilan menjadi lebih menarik, khususnya untuk para pria, para penata rambut biasanya menggunakan clipper yang lebih kecil untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Namun, untuk membuat garis bentuk pada garis kepala, kamu bisa menggunakan clipper dengan ukuran biasa. Jangan lupa, pastikan menutup pisau cukur untuk membuat potongan lebih pendek.

See also  Pengertian Sekrup Dan Jenis – Jenisnya Depok

Selain itu, clipper juga memiliki pelengkap dengan ukuran yang berbeda-beda. Pelengkap clipper biasanya digunakan untuk menciptakan berbagai macam gaya seperti, scooping out di daerah akar rambut untuk menipiskan rambut. Penggunaan clipper sebenarnya lebih aman dibandingkan dengan gunting, karena pisau cukurnya yang berada sejajar dengan kulit sehingga tidak dapat melukai kulit kepala.

Pisau Cukur (Razor)

Jenis gunting rambut yang terakhir yang perlu kamu ketahui adalah pisau cukur, yang lebih sering disebut razor. Untuk memotong rambut dengan menggunakan razor, rambut harus dalam keadaan basah saat pengguntingan. Dengan begitu, razor dapat menggunting atau mengiris rambut dengan tepat.

Sebelum menggunakan razor, ada baiknya kamu mengecek ketajaman mata pisau. Karena pada saat menggunakan razor, mata pisau yang digunakan haruslah tajam. Jika tidak, maka akan membuat rambut menjadi bercabang dan rusak. Kamu tidak perlu lagi takut membeli razor sekali pakai. Saat ini, razor sudah didesain secara khusus, sehingga kamu dapat mengganti pisaunya berulang-ulang, khususnya jika digunakan untuk mencukur sisa-sisa rambut dari garis dasar (baseline).

Itulah jenis-jenis gunting rambut yang harus kalian ketahui. Khususnya untuk kamu yang ingin menjadikan penata rambut professional. Selain itu, kamu harus tetap menjaga kebersihan alat-alat tersebut.

Karena bagaimanapun, gunting bisa menjadi sarana untuk perpindahan bakteri atau jamur penyakit, jika tidak terjaga kebersihannya. Jika kamu seorang yang kidal maka kamu harus memiliki gunting yang didesain secara khusus untuk orang kidal.

a anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=gunting

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?