Pengertian Baja Ringan

Baja Ringan

Baja ringan merupakan jenis material bangunan yang sedang populer dipakai untuk membangun hunian modern.

Jenis produk baja ringan ada banyak ragamnya seperti kanal, reng, spandek dan juga hollow yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Salah satu jenis baja ringan yang banyak dimanfaatkan sebagai rangka partisi adalah baja ringan hollow.

Baja ringan hollow merupakan jenis material yang memiliki kekosongan pada bagian tengahnya atau berlubang di bagian tengah. Hal ini menjadikan baja ringan hollow lebih mudah dirangkai dan dibentuk menjadi sebuah rangka. Selain diaplikasikan sebagai rangka partisi, baja ringan hollow juga dimanfaatkan untuk membuat rangka plavon. Penggunaan baja ringan hollow sebagai dasar pembuatan partisi ataupun plafon disebut efisien dan tepat sasaran. Sebab proses pemasangannya cepat dan menghasilkan rangka partisi ataupun rangka plavon yang pas.

Baja ringan hollow merupakan jenis material yang tidak utuh sebab berlubang di bagian tengah.

Hal ini menjadikan kekuatanya tidak terlalu kuat, apalagi jika perakitannya tidak sesuai maka kekuatan rangka hollow bisa berkurang. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tahap merangkai atau merakit baja ringan hollow dengan tepat, terutama dalam pembuatan rangka partisi maupun rangka plavon.

Baja ringan hollow sendiri ada dua jenisnya yaitu hollow galvalum dan hollow galvanis. Hollow galvalum dibuat dengan menggunakan jenis lapisan atau coating galvalum. Komposisi yang terkandung pada lapisan galvalum yaitu 55%aluminium, 43.5% zinc dan 1.5% silicon.

Sedangkan hollow galvanis dibuat dengan menggunakan lapisan galvanis yang memiliki komposisi 98% zinc dan 2% aluminium.

Baja ringan hollow galvalum memiliki ketahanan pada karat lebih baik jika dibandingkan dengan lapisan galvanis.  Maka dari itu, hollow galvalum lebih banyak dipilih oleh konsumen sebagai rangka partisi atau rangka plavontnya. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami” Baja ringan hollow galvalum juga memiliki kelebihan lain diantaranya tahan rayap, sangat ringan, memiliki profil atau rusuk pengaku sehingga lebih rigid atau kaku, dan proses pemasangannya lebih cepat.

See also  Arti dari compressor depok

Cara memasang hollow sebagai rangka partisi

Bagaimana sih cara memasang rangka partisi menggunakan baja ringan hollow? Sebelumnya Anda perlu melakukan beberapa persiapan yaitu pertama membuat gambar shop drawing pengerjaan dinding partisi lalu persiapan material yang digunakan. Persiapan lainnya yaitu pada lahan kerja serta alat dan bahan. Untuk alat dan bahan yang Anda gunakan yaitu sebagai berikut.

Alat :

– waterpass,

– steiger,

– meteran,

– unting-unting,

– gergaji,

– gerinda,

– screw driver,

– bor,

– cutter,

– kape,

– ampelas,

– selang air

Bahan :

– sekrup gypsum,

– textile tape,

– gypsum board,

– rangka hollow 20/40 dan 40/40.

– Air,

– compound

Setelah mempersiapkan alat dan bahan selanjutnya lakukan pengukuran. Tentukan dan tandai pada bagian dinding dan lantai pemasangan dinding partisinya.

Setelah diukur, selanjutnya potong rangka hollow dengan ukuran yang sesuai dengan gambar kerja.

Lalu pasang rangka baja ringan hollow di bagian dinding dan lantai dengan mengikuti marking tadi dengan penggunaan jarak 60×60 cm.

Jangan lupa pastikan dan cek apakah rangka hollow sudah terpasang siku atau tegak lurus. 

Lalu pasang gypsum board pada rangka hollow dengan bantuan sekrup gypsum. Lembaran gypsum yang dipasan, pada satu sisi dulu agar pekerjaan instalasi mekanikal dan elektrikal lebih mudah. Setelah instalasi terpasang, baru pasang lembaran gypsum yang berikutnya.

Cek kembali kerataan permukaan dinding partisi gypsum board.

Kemudian sambungan natar gypsum tadi diberi textile tape dan juga dicompound dan digosok menggunakan amplas halus sehingga permukaannya menjadi rata dan halus. Terakhir tutup kepala sekrup dengan compound dan gosok menggunakan amplas. Agar terlihat cantik, cat permukaan gypsum sehingga lebih indah.

See also  Jenis Dan Tipe Pasir Bangunan Untuk Konstruksi Depok Jakarta

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=baja%20ringan

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?