Jenis dan ukuran pisau cutter Depok

Jenis dan ukuran pisau cutter

Ketika Anda akan memilih cutter di sebuah toko alat tulis, bisa jadi Anda akan kebingungan dengan banyaknya variasi jenis serta ukuran cutter yang tersedia. Mari kita lihat lebih dalam mengenai jenis cutter yang ada di pasaran saat ini.

– Untuk pekerjaan kantor

Cutter jenis ini dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan kantor dan merupakan jenis yang dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pekerjaan lainnya. Lebar pisau yang dimiliki adalah 9 mm. Tipe cutter ini tergolong sebagai cutter dengan ukuran kecil. Penggunaannya sangat cocok untuk memotong kertas, menipiskan dan menguliti sesuatu, seperti karton. Akan tetapi, cutter ini tidak dapat digunakan pada bahan yang terlalu tebal dan keras. Tentunya jenis cutter ini juga cocok untuk dipakai di sekolah untuk prakarya ataupun kerajinan tangan anak sekolah.

– Untuk memotong bahan yang tebal

Karton dan kardus berukuran tebal biasanya sulit dipotong dengan cutter berukuran kecil, karena kekuatan yang dimilikinya tidak cukup. Mari kita gunakan cutter dengan ukuran besar yang memiliki pisau yang lebih lebar, lebih tebal, dan lebih kuat. Lebar pisau cutter dengan ukuran besar biasanya sebesar 18 mm. Cutter ini cocok digunakan untuk memotong papan lapisan kayu yang tipis dan papan gipsum.

– Untuk memotong bahan yang lebih tebal dan keras

Saat memotong papan lapisan kayu dengan ketebalan tertentu atau memotong sebuah bahan lembaran yang tebal, gunakanlah cutter dengan lebar pisau sebesar 25 mm. Alat ini praktis untuk Anda gunakan dan dapat dimasukkan dalam kotak perkakas Anda.

– Untuk pekerjaan yang detail

Cutter pada umumnya memiliki sudut pemotongan sebesar 60°, tetapi untuk pekerjaan yang sangat detail, maka Anda memerlukan cutter dengan pisau yang sangat tajam dan memiliki sudut pemotongan sebesar 30°. Cutter jenis ini dapat menghasilkan potongan-potongan yang lebih detail sehingga cocok untuk digunakan pada pembuatan model dan desain dari bahan karet.

See also  pengertian, Jenis dan Fungsi pahat depok

– Untuk pekerjaan seni

Untuk pekerjaan yang lebih halus dan detail, disarankan untuk menggunakan cutter jenis ini. Ujung pisaunya berbentuk seperti pena, dan cara memegangnya seperti memegang pena, sehingga mudah untuk membuat goresan-goresan kecil pada media yang digunakan. Karena ujung pisaunya yang kecil dan tajam, cutter ini sangat ideal untuk melakukan pemotongan yang detail, bahkan yang memiliki banyak lengkungan. Biasanya cutter ini digunakan untuk membuat model, memotong gambar, dan mengukir patung.

– Untuk memotong majalah

Pada saat menggunting koran atau majalah, bisa jadi Anda ikut memotong halaman berikutnya yang tidak diperlukan, karena halaman tersebut menumpuk. Untuk pekerjaan ini, maka sangat mudah bagi Anda untuk menggunakan top sheet cutter, yang dapat memotong hanya satu lembar kertas pada bagian yang paling atas saja. Ujung pisau yang dimilikinya sedikit keluar, sehingga dapat memotong dengan sangat tipis. Selain itu, cutter ini didesain untuk dapat menyesuaikan tekanan yang ada pada mata pisaunya.

Untuk memotong kain

– Untuk memotong kain

Anda mungkin akan menemui kesulitan pada saat memotong bahan kain atau kulit yang tebal dengan menggunakan pisau biasa. Kesulitan ini dapat teratasi dengan menggunakan rotary cutter.

Cutter ini memiliki pisau yang melingkar, sehingga ia memotong media dengan cara memutar pisaunya. Cutter ini dapat memotong bahan lain selain kain, “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami” seperti kulit dan kertas. Karena cutter ini bentuknya memutar, maka Anda dapat menjalankannya dengan mudah dan mampu memotong lengkungan secara halus, yang sulit untuk dilakukan dengan cutter biasa.

See also  Cara Memperbaiki Keran Air yang Bocor dalam 5 Menit Depok

– Untuk membuat perforasi

Cutter jenis ini memiliki pisau bundar yang tidak rata, yang berfungsi untuk melubangi media yang Anda gunakan. Penggunaan cutter ini biasanya untuk melubangi tiket, kertas catatan, atau buku notes.

– Untuk memotong lingkaran

Anda dapat membuat sebuah potongan lingkaran yang bagus dengan menggunakan compass cutter. Dengan menyesuaikan titik tengah lingkaran dengan jarum dan memutar bagian pisaunya seperti jangka, Anda dapat memotong sebuah lingkaran yang bersih dan rapi. Ada dua tipe pisau pada jenis cutter ini, yaitu pisau lurus dan pisau melingkar, yang dapat memotong kain dengan lebih baik.

– Untuk memotong styrofoam dan kayu

Cutter ini memiliki mata pisau yang menyerupai gergaji. Cara menggunakannya adalah dengan menggerakannya seperti menggerakkan gergaji. Cutter jenis ini dapat digunakan untuk memotong kardus yang tebal, styrofoam, dan kayu dengan ukuran kecil.

– Untuk memotong akrilik

Anda akan menemukan kesulitan apabilan memotong lembaran akrilik dengan menggunakan cutter biasa. Pakailah cutter dengan jenis mata pisau khusus untuk akrilik, dimana Anda dapat menusukkan pisau pada lembaran akrilik yang akan Anda potong. Cutter ini akan lebih nyaman untuk Anda gunakan.

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=pisau

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

See also  Cara Mencari Penyebab Mcb Atau Listrik Mati

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?