Cara Mengasah Pisau dengan Batu Asah yang Benar depok

batu asah toko banguan depok

Toko bangunan citra depok menjual batu asah gunung.

Begini Cara  Mengasah Pisau dengan Batu Asah yang Benar

Pekerjaan akan terasa lama hanya karena pisau yang kita gunakan tumpul.selain lama pisau yang tumpul juga berbahaya bagi penggunanya.oleh karen itu pisau perlu diasah untuk tetap menjaga ketajamannya.

Kita gak mungkin bisa mulai memasak kalau gak ada pisau. Nah, pastinya pisau yang digunakan pun harus tajam. Menurut para chef profesional, pisau yang tumpul justru lebih bahaya karena usaha kita untuk memotong bahan lebih besar. Hal ini memungkinkan jari kita terluka karena teriris.

Maka, jangan malas-malas untuk sesekali mengasah pisau dapurmu. Ada beberapa alat yang bisa digunakan, mulai dari yang elektrik, besi, hingga batu. Nah, alat yang paling mudah kita temui adalah batu asah.

Bila dicermati, batu asah pisau memiliki dua sisi yang berbeda. Ternyata keduanya ini juga punya fungsi tersendiri lho. Biar gak salah mengasah pisau lagi, yuk simak cara tepatnya menggunakan batu asah. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

1. Pertama, rendam dulu batu asahnya ke dalam air

Masukkan balok batu asahnya ke dalam kontainer transparan. Gunanya agar kamu bisa memastikan gelembung-gelembung yang menempel pada batu hilang. Bila sudah tidak ada gelembung, baru angkat batunya dan jangan dikeringkan.

Kok dibasahi batunya? Karena air di sini berfungsi sebagai pelumas asahan. Sehingga saat mengasah gerakanmu lebih licin dan nyaman.

2. Selanjutnya, siapkan alas buat batu asah supaya gak licin saat mengasah pisau

Saat mengasah, kedua tanganmu harus aktif memegang pisaunya sehingga bisa menjaga batu asah agar tidak ikut bergerak ke mana-mana. Maka, gunakan alas untuk batunya supaya bisa tetap berada di tempatnya. Alasnya boleh menggunakan handuk atau alas karet yang lebih menempel pada keramik.

See also  Cara mencegah dak agar tidak mudah bocor Depok

3. Gunakan sisi yang kasar dulu untuk mengasah. Perhatikan posisi pisaunya

Nah, pertama gunakan dulu bagian batu asah yang kasar. Kemudian gosokkan mata pisaunya pada batu di kedua sisinya. Gosok 10 kali di setiap sisinya. Lakukan beberapa kali.

Perlu diperhatikan, tanganmu harus menekan bagian metal pisau saat mengasah. Hal ini agar bagian yang tumpul dapat bersinggungan rekat dengan batunya.

4. Setelah melakukannya beberapa kali, asah pisau menggunakan sisi yang halus

Bila sudah dirasa cukup, balikkan batu asahnya. Sekarang gunakan bagian yang halus untuk mengasah mata pisau. Lakukan hal yang sama, tekan dan gosok mata pisaunya sebanyak 10 kali di setiap sisinya.

Perlu dicatat, cara menggosoknya jangan bolak-balik. Tapi lakukan dari ujung ke ujung. Angkat pisaunya ketika sudah digosok sampai ujung atas, kemudian kembali asah dari bagian bawahnya.

5. Begini posisi pisau yang benar saat diasah

Nah, ini juga penting. Saat mengasah kamu harus memperhatikan posisi pisaunya. Perhatikan kemiringan tingginya saat diasah. Menurut para chef, begini posisi pisau yang benar saat diasah:

Ketinggian mata pisau disarankan setengah duas ibujari. Kemiringannya kira-kira 15–22 derajat mendekati batuMata pisau harus menghadap ke depan — membelakangimu. Ini karena kamu harus menggosok pisaunya ke depanLetakkan jari-jari tangan kirimu di atas bagian metalnya untuk menekan mata pisauBagaimana cara tahu bahwa proses mengasah sudah cukup?

Cermati dengan teliti bagian mata pisau sebelum diasah. Pisau yang tumpul pasti punya bagian yang bergerigi atau tidak rata. Biasanya bila terkena cahaya akan lebih kelihatan bagian gerigi tersebut.

Nah, untuk mengecek apakah proses mengasah sudah cukup, cek lagi bagian mata pisaunya. Bila perlu diraba perlahan menggunakan jari. Kalau bagian bergerigi sudah tidak nampak, berarti sudah cukup prosesnya. Hati-hati, jangan sampai terluka ya!

See also  Cara Mudah Memotong Seng Tanpa Gunting?

Itulah langkah tepat mengasah pisau menggunakan batu asah. Jadi, kalau pisau dapurmu tumpul jangan buru-buru beli baru. Coba diasah dulu menggunakan cara di atas. Untuk mendapatkan batu asah silahkanbmenghubungi kami di www.matetialbahanbangunan.com.kami menyediakan batu asah seperti diatas.

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=pisau

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?