Macam macam rantai dan kegunaanya depok

rantai besi toko bangunan depok

Toko bangunan citra depok menjual rantai.

Macam macam rantai dan kegunaanya.

Bagi yang belum mengetahuibrantai itubada apa saja  dan apapula kegunaanya tidak ada salahnya untuk membaca artikel berikut ini.

Rantai adalah serangkaian link atau cincin yang saling terhubung berkaitan satu dengan yang lain sehingga terbentuk hingga memanjang. Rantai biasanya dibuat dari logam maupun plastik, tergantung dari kegunaannya dan juga keperluan dari pemakainya sendiri.

Rantai secara umum digunakan untuk memindahkan beban atau tenaga dan juga dapat digunakan untuk mengikat benda agar tidak terjatuh. Semua fungsi-fungsi tersebut tergantung dari tipe dan jenis dari rantai itu sendiri.

JENIS RANTAI / TIPE-TIPE RANTAI

Rantai diciptakan dari jaman ke jaman terus menerus dan telah berubah bentuk dan materialnya dikarenakan kebutuhan manusia yang terus menerus berubah. Semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan orang-orang dalam menggunakan rantai semakin beraneka ragam dan manusia pun menciptakan jenis rantai / tipe rantai yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Jadi apa sajakah jenis-jenis / tipe-tipe rantai tersebut?? jenis-jenis / tipe-tipe rantai secara umum dapat dibagi menjadi 3 jenis menurut materialnya yaitu diantaranya :

Rantai Baja

Rantai Besi

Rantai Plastik “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Dari ketiga jenis rantai tersebut, tiap-tiap jenis rantai tersebut dapat dijabarkan lagi menjadi beberapa tipe, karena memang jenis-jenis dari ini banyak sekali. Kami akan jelaskan kedua jenis rantai yang telah kami sebutkan diatas ( tanpa rantai plastik ).

JENIS RANTAI BAJA DAN KEGUNAAN RANTAI BAJA

Rantai Baja adalah rantai yang terbuat dari material Baja, yang artinya terdiri dari campuran elemen-elemen yang elemen intinya adalah besi. Elemen-elemen yang biasa dicampurkan menjadi material baja diantaranya Karbon, Mangan, Fosfor, Sulfur, Silikon, nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium dan niobium. Ada juga sebagian perusahaan produsen rantai baja melakukan sedikit variasi dengan menambahkan elemen lain yang membuat material baja yang diproduksinya memiliki nilai lebih.

See also  Jenis-Jenis Valve Depok Jakarta

Rantai Baja dikhususkan untuk aplikasi Lifting ( Angkat ) dan Towing ( Tarik ) dengan beban yang berat. Awal mula rantai baja diciptakan memang karena ingin diaplikasikan terhadap aplikasi angkat dan tarik dengan beban yang berat. Manusia mulai menciptakan rantai baja karena kebutuhan mereka akan beban angkat dan beban tarik yang semakin besar agar dapat mempermudah kebutuhan mereka.

TIPE RANTAI BAJA

Rantai Baja dapat digolongkan lagi menjadi dua tipe yang dibedakan menurut kegunaannya yaitu diantaranya :

Rantai Baja Angkat / Tarik

Rantai ini dibuat khusus untuk aplikasi tarik dan juga angkat sesuai dengan namanya. Rantai ini dibuat berdasarkan grade, yang dapat disebutkan dengan grade 80 dan grade 100. Semakin besar grade rantai tersebut, tentunya semakin besar juga daya angkatnya ( WLL ). Rantai ini biasa digunakan pada aplikasi di bidang konstruksi dan juga perkapalan dengan beban angkat yang memang sangat berat. 

Rantai Jangkar

Tipe rantai ini khusus digunakan bersamaan dengan jangkar, karena memang sesuai dengan sebutannya. Ukuran dari rantai jangkar ini relatif lebih besar dari ukuran Rantai Baja, karena memang disesuaikan dengna kegunaannya pada jangkar yang berukuran besar. Rantai jangkar ini diproduksi juga berdasarkan grade, tetapi berbeda sebutannya dengan grade rantai baja. Grade rantai jangkar ini dibedakan menjadi Grade U2 dan juga U3. 

JENIS RANTAI BESI DAN KEGUNAAN RANTAI BESI

Rantai besi adalah rantai yang terbuat dari material besi, yang artinya elemen utama yang terkandung didalamnya adalah besi. Besi adalah logam dalam deret transisi pertama dan juga merupakan unsur paling umum yang ada di Bumi yang kita pijak ini, yang memang besi adalah massa yang membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi. Perlu anda ketahui, besi adalah unsur keempat terbesar pada kerak bumi ini.

Rantai besi banyak digunakan untuk aplikasi yang lebih ringan dibandingkan dengan rantai baja. Rantai besi biasa digunakan untuk aplikasi lashing ( ikat ), light lift ( angkat ringan ) dan juga light towing ( tarik ringan ). Rantai besi dengan tipe tertentu juga digunakan sebagian orang sebagai dekorasi rumah, kantor maupun outdoor. Rantai Besi sangat tidak disarankan untuk pengangkatan dengan beban yang berat, karena rantai besi tidak memiliki kekuatan angkat ( WLL ) yang besar seperti rantai baja. Jadi sebelum anda menggunakan rantai besi ini, mohon melakukan pengecekan terlebih dahulu pada kekuatan angkat pada rantai besi tersebut, apakah sesuai dengan beban yang akan anda angkat??

See also  Pertolongan Pertama Saat Menemukan Kebocoran Air Di Dapur

TIPE RANTAI BESI

Untuk tipe-tipe dari rantai besi ini sendiri dapat dibedakan menjadi 3 macam. Dan setiap tipe dari rantai besi ini memiliki kegunaan yang berbeda yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda di Lapangan.

Tipe-tipe dari rantai besi ini diantaranya :

Rantai Galvanis

Rantai galvanis adalah rantai besi yang dilapisi dengan lapisan Galvanis yang bahan dasarnya adalah seng. Dengan dilapisi lapisan ini, rantai besi akan lebih tahan terhadap karat dan juga korosi. Rantai ini memiliki kekuatan angkat yang cukup untuk menangkat dan menarik beban, sehingga rantai ini biasa digunakan untuk jenis pengangkatan dan tarik ringan. Sesuai dengan keistimewaannya yang tahan terhadap karat, rantai ini biasa digunakan orang-orang untuk aplikasi yang berada di daerah yang rawan korosi dan pengaratan, seperti : Laut, Pantai, dll. 

Rantai Stainless Steel

Rantai Stainless Steel adalah rantai yang dilapisi dengan finishing stainless steel yang lebih berkilau atau berkilap rupanya. Rantai ini mengandung kandungan stainless steel dengan nilai SUS 304 dan 316. Rantai ini banyak digunakan untuk aplikasi dapra, lashing, pemberat trawl, pagar, dekorasi dan masih banyak lagi. Kekurangan dari rantai ini adalah tidak bisa digunakan untuk aplikasi lifting karena memiliki nilai breaking load yang rendah, sehingga hanya cocok untuk penghias, pengikat dan pemberat saja. 

Rantai Besi Standard

Rantai besi standard ini adalah rantai besi biasa yang tidak memiliki lapisan apapun, sehingga tidak cocok digunakan pada daerah yang rawan korosi dan pengaratan. Kegunaan dari rantai besi ini hampir sama dengan rantai dengan finishing galvanis, yaitu untuk mengangkat beban ringan dan juga menarik beban ringan. Hanya yang menjadi pembedanya adalah lokasi yang dijadikan aplikasinya tidak boleh yang memiliki kadar garam dan asam yang tinggi, sehingga dapat menghancurkan besi.  “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

See also  5 kegunaan tersembunyi dari semen putih Depok

Nah….itu tadi macam macam rantai  dan kegunaanya ( selain rantai plastik) .Dengan mengetahu macam dan kegunaanya,mudah mudahan anda bisa menentukan rantai mana yang cocok d3ngan kebutuhan anda,jangan sampai salah pilih.semoga apa yang kami samapikan daoat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. segera hubungi kami di www.matetialbahanbangunan.com.untuk mendapatkan berbagai indormasi yang anda butuhkan.

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=rantai

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?