kusen kayu toko bangunan depok

Toko Citra Bangunan Depok menjual pintu kamar mandi

Cara Praktis Ini Untuk Memasang Kusen Kayu, Beton, PVC, Dan Aluminium

Kusen memiliki peranan sebagai penopang daun pintu dan daun jendela agar bisa menyatu pada bangunan. Selain itu kusen berfungsi sebagai penyangga tembok diatasnya yang terpisah dengan tembok yang berada di bawah kusen.

Bentuk, jenis, warna, dan model kusen cukup beragam. Disesuaikan dengan tema bangunan rumah yang diusung. Pembuatan dan penyetelan kusen sangat berbeda tahapannya, tergantung jenis material kusen yang digunakan (kayu, beton, PVC, aluminium, atau galvalum).

Bagaiamana cara membuat dan menyetel kusen? Mari kita simak ulasan berikut.

Kusen Kayu

– Kusen kayu bisa dibuat dari berbagai jenis kayu, mulai dari kayu mahoni, kamper, meranti,kayu kelapa, hingga jati. Tapi sebelum Anda membuat kusen dari material kayu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

– Hindari pemakaian kayu jenis sengon, karena kayu ini memiliki struktur yang kurang kuat dibandingkan dengan kayu jenis lainnya.

– Pilih jenis kayu sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

– Kayu yang akan dibuat kusen harus benar-benar dalam keadaan kering, agar proses pembuatan kusen bisa maksimalm dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pembuatan kusen kayu

– Pemotongan kayu. Kayu yang sudah dipilih dipotong sesuai dengan ukuran. Lebar kusen ukurannya sama dengan tebal tembok bangunan rumah yakni 15 cm, secara umum ukuran kayu untuk kusen pintu dan jendela masing-masing

– Pengetaman dan penghalusan kayu. Pada tahap ini kayu yang telah dipotong-potong sesuai ukuran lalu diketam dan dihaluskan. Pekerjaan pengetaman dilakukan pada bagian dalam kusen, tepatnya pada tempat menempelnya engsel. Untuk pekerjaan penghalusan di seluruh permukaan kusen.

Perakitan kusen kayu

Bagian-bagian kusen yang telah jadi kini siap untuk dilakukan proses perakitan. Berikut langkah-langkahnya:

– Bagian kusen kayu yang sudah jadi direkatkan dengan cara dipaku dan juga diberi lem kayu secukupnya.

– Atur posisi kusen pada bagian horizontal dan vertikal membentuk sudut 90º atau tegak lurus, bila tidak pas akan berpengaruh terhadap pergerakan daun pintu maupun daun jendela yang terpasang. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

– Setelah terbentuk kusennya, kaitkan batang penguat sudut berukuran sedang yang mengarah diagonal 45º pada sisi pojok atas dan samping kanan-kiri kusen, agar kusen benar-benar kuat sebelum dipasang pada bangunan.

– Pasang pula Lat penarik pada kaki-kaki kusen agar tetap sejajar.

– Beri lapisan cat dengan meni pada sisi kusen yang nanti menempel dengan tembok. Ini upaya untuk menghindar kusen kayu dari kelapukan dan serangan rayap.

Penyetelan kusen kayu

Penyetelan kusen atau pemasangan kusen kayu pada bangunan akan dimulai setelah kusen benar-benar siap untuk dipasang. Ini tahapannya:

– Pasang angker pada kusen. Angker pada kusen berfungsi menyatukan bagian tembok dengan kusen kayu. Ini berfungsi agar kusen tidak goyang saat sudah benar-benar mengeras.

– Angker dapat dibuat dari besi dengan diameter 6 mm dan panjang 20 cm.

– Salah satu ujungnya dibuat runcing, lalu ditancapkan pada bagian luar kusen yang menghadap tembok.

– Kemudian bengkokan besi angker kira-kira 1/3 dari panjang yang tersisa.

– Sediakan batang sokong untuk kusen. Batang sokong berguna untuk menahan dan menopang kusen agar tidak jatuh saat dalam proses pemasangan dengan tembok berlangsung.

Pemasangan kusen kayu

– Pemasangan harus beriringan dengan pemasangan dinding agar kusen benar-benar bisa menyatu dengan dinding atau bangunan.

– Jangan memasang dinding di samping kanan dan kiri kusen terlalu Pasang dinding dengan tinggi antara 1-1,5 m dan tunggu dinding kering dan menyatu dengan sempurna.

– Setelah benar-benar kering, lanjutkan pemasangan tembok hingga keatas.

Kusen Beton

Kusen beton adalah kusen yang terbuat dari beton, kebanyakan diproduksi oleh pabrik, namun tidak menutup kemungkinan diproduksi oleh rumahan. Begini cara memasang kusen beton:

– Campuran beton yang dibuat dengan perbandingan 1 semen : 2 pasir : 3 koral (tensla).

– Adonan beton lalu dimasukkan ke dalam cetakan bekisting hingga merata, lalu ditunggu hingga mengering minimal selama 8 jam.

– Setelah itu cetakan dicopot dan kusen beton difinishing.

– Kusen bisa dipasang setelah 2 hari pembuatan, namun beton lebih akan keras dengan sempurnaapabila telah didiamkan selama 28 hari.

Kusen PVC

Kusen PVC sering kita jumpai pada kusen pintu kamar mandi, kusen jendela kaca, hingga kusen pintu kaca. PVC singkatan dari polyvinyl chloride. Ini salah satu penerapan teknologi baru yang dilakukan untuk mengurangi penggunaan kayu. Kusen ini hampir sama dengan kusen beton, sama-sama diproduksi oleh pabrik, hanya berbeda jenis materialnya. Cara memasang kusen PVC:

– Pemasangan lebih mudah, hanya dengan memasang kusen pada dinding yang telah acian atau sudah finishing dan dipasang pada tembok yang dilubangi sesuai ukuran kusen. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

– Pengaitan kusen dan tembok bisa dilakukan dengan cara dibor atau dipaku.

Kusen Logam (Aluminium)

Kusen logam (aluminium) memiliki prinsip yang sama dengan kusen jenis PVC, yakni untuk mengurangi pengggunaan material kayu. Kusen logam banyak disukai karena cara pembuatan serta penyetelannya cukup mudah dan cepat dibandingkan kusen kayu. Kusen aluminium tidak pejal (solid), melainkan berbentuk hollow.

Pemasangan kusen dengan material ini sama halnya seperti pemasangan kusen PVC, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan berikut ini:

– Bila lebar kusen memiliki panjang lebih dari 1,5m, pada bagian atas kusen harus diberi balok beton dengan ukuran 15/15, menggunakan besi 4d – 10 mm dan ukuran begel d4 – 15cm.

– Kusen jenis ini dipasang setelah tembok diberi acian dan finishing. Kusen ini dipasang pada tembok yang dilubangi sesuai ukuran kusen.

Itu dia cara praktis untuk memasang kusen kayu, beton, PVC, dan aluminium. Semoga bermanfaat

Jika anda membutuhkan pintu kamar mandi hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=kusen

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan