Macam – Macam Obeng Dan Fungsinya Depok

baut kepala obeng toko bahan bangunan depok

Macam – Macam Obeng Dan Fungsinya

Obeng adalah alat yang digunakan untuk melepas dan mengencangkan sekrup. Alat ini sering dipakai untuk bongkar pasang perkakas di rumah maupun di bengkel. Dengan bentuk kepala sekrup yang berbeda-beda, maka digunakan macam-macam obeng untuk memutarnya.

Setiap jenis obeng hanya memiliki satu fungsi. Sehingga, hanya dapat digunakan pada satu bentuk kepala sekrup. Namun, dengan berkembanganya zaman, terdapat jenis obeng yang memiliki banyak fungsi. Karena memiliki beberapa mata obeng yang dapat diganti-ganti sesuai dengan fungsinya

Pada dasarnya, nama-nama obeng itu sendiri sesuai dengan bentuk ujung mata obengnya. Seperti yang akan dibahas berikut ini mengenai macam-macam obeng dan fungsinya masing-masing. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

# Macam – Macam Obeng Dan Fungsinya

1. Obeng Plus ( Kembang )

Obeng Plus ( Kembang )Obeng plus (+) atau atau lebih dikenal dengan obeng kembang merupakan jenis obeng yang ujung mata obengnya berbentuk silang. Mata obeng tersebut jika dilihat dari penampang atas mirip seperti kembang (bunga). Oleh sebab itulah sering dinamai obeng kembang.

Fungsi obeng kembang ini yaitu untuk memutar kepala sekrup yang berbentuk plus. Ujung mata obeng plus ini ada yang lancip dan ada yang tumpul. Dan masing-masing digunakan menyesuaikan bentuk dan ukuran kepala sekrup.

2. Obeng Pipih ( Min )

Obeng Pipih ( Min )Obeng pipih juga sering disebut dengan obeng min, merupakan jenis obeng yang memiliki ujung mata berbentuk pipih tipis. Fungsi obeng min ini adalah untuk memutar kepala sekrup yang berbentuk min (-).

See also  Apa Keuntungan Dari Dinding Partisi Kayu

Namun, banyak yang menggunakan obeng min ini untuk mencongel bagian benda yang akan dibongkar. Yaitu dengan cara memasukan ujung obeng diantara celah benda yang akan dibuka.

3. Obeng Ketok

Obeng KetokObeng ketok adalah jenis obeng yang cara penggunaannya diketok. Dengan memukul ujung batangnya, maka mata obeng akan berputar sesuai arah yang dikendekai. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Fungsi obeng ketok adalah untuk melepas atau memasang skrup yang memiliki moment kekencangan yang kuat. Biasanya digunakan untuk melepas skrup-skrup yang berada di blok mesin yang tidak bisa diputar dengan obeng biasa

4. Obeng Shock

Obeng ShockJenis obeng lainnya yaitu obeng shock. Obeng shock merupakan obeng yang memiliki beberapa mata obeng yang dapat diganti-ganti sesuai penggunaannya. Mata obeng shock ini biasanya selalu tersedia dalam satuan set.

Sama seperti obeng lainnya, fungsi obeng shock yaitu untuk membuka dan memasang sekrup. Namun, obeng ini dapat digunakan untuk memutar berbagai bentuk kepala sekrup. Karena memiliki banyak jenis mata obeng yang bervariasi.

5. Obeng Megnet

Obeng MagnetObeng magnet adalah jenis obeng yang dilengkapi adanya daya magnet pada ujung mata obengnya. Magnet tersebut digunakan untuk mengambil sekrup yang terselip dan tidak bisa dijangkau oleh tangan.

Ketika kita melepaskan sekrup di lubang yang cukup dalam dan sekrup tersebut jatuh ke dalam celah-celah sempit, maka dengan menggunakan obeng magnet sekrup tersebut dapat menempel dan ditarik keluar.

6. Obeng Tespen

Obeng TespenTespent merupakan jenis obeng yang sering dipakai oleh para tukang instalasi listrik. Fungsi obeng tespent ini digunakan untuk mengecek arus listrik. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

See also  Topeng Las Otomatis – Kedok Pencegah Kecelakaan Kerja

Di dalam gagang obeng tespent ini selalu dilengkapi dengan adanya lampu kecil yang akan menyala jika ujung mata obengya ditempelkan pada kabel yang terhubung aliran listrik.

7. Obeng Elektrik

Obeng ElektrikObeng elektrik merupakan jenis obeng yang pengoperasiannya menggunakan energi listrik. Biasanya obeng ini dilengkapi adanya batere di bawah gagangnya.

Dengan menggunakan obeng elektrik ini, melepas atau mengencangkan sekrup menjadi lebih mudah. Kita cukup menekan saklar pada gagang obeng dan mata obeng akan berputar sesuai putaran yang diinginkan.

8. Obeng Felxible

Obeng FlexibleObeng flexible merupakan jenis obeng yang memiliki batang lentur diantara gagang dan mata obengnya. Fungsi obeng flexible ini yaitu untuk memutar sekrup yang berada di tempat yang susah dijangkau oleh obeng biasa.

Dengan batang flexible yang dapat digerakkan ke arah mana saja, sangat memudahkan untuk menjangkau sekrup di area sempit dan terbatas.

9. Obeng Ratchet

Obeng RatchetObeng ratchet adalah obeng yang memiliki gagang ratchet seperti gagang pada kunci shock. Jenis obeng ini juga memiliki mata obeng yang bisa dilepas dan diganti. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk sekrup.

Dengan menggunakan obeng ratchet, melepas dan memasang sekrup menjadi lebih mudah dan cepat. Karena kita cukup menggerakan gagangnya naik turun tanpa harus memutarnya.

10. Obeng Offset

Obeng OffsetObeng offset adalah jenis obeng yang gagangnya berbetuk siku-siku yang berlawanan. Obeng ini memiliki mata obeng pada setiap ujungnya. Sehingga, jika salah satu mata obengnya rusak, masih bisa menggunakan mata obeng yang satunya lagi. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

See also  Fungsi dari kerucut lalu lintas depok

Fungsi obeng offset adalah untuk memutar sekrup yang tempatnya berliku dan tidak dapat dijangkau oleh jenis obeng lainnya. Obeng offset ini biasanya digunakan untuk membuka sekrup cover motor atau mobil yang tempatnya di bawah kolong-kolong.

Demikanlah pembahasan mengenai macam-macam obeng dan fungsinya. Semoga bermanfaat

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=obeng

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?