Cara Merawat Sprayer Agar Awet dan Tahan Lama depok

Toko Citra Bangunan Depok menjual sprayer

Cara Merawat Sprayer Agar Awet dan Tahan Lama “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Sprayer atau tangki semprot merupakan alat pertanian utama yang sangat dibutuhkan oleh para petani. Dengan adanya alat ini petani semakin dimudahkan ketika hendak melakukan penyemprotan pada tanaman.

Untuk menikmati kemudahan tersebut dalam jangka waktu yang lama, petani perlu memperhatikan kondisi dari alat semprotnya tersebut. Salah satu caranya adalah dengan merawatnya.

Merawat sprayer atau tangki semprot secara rutin adalah hal yang wajib dilakukan petani untuk menjaga agar kondisi sprayernya tetap baik.

Setelah selesai kegiatan penyemprotan di sawah atau kebun, sprayer perlu dicuci atau dibersihkan untuk meminimalkan kandungan pestisida.

Sprayer dicuci secara berulang sekurang-kurangnya dengan tiga kali pengulangan menggunakan air bersih.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkan sprayer adalah:

Air pencucian dibiarkan keluar melalui selang dan spuyer/nozzle.

Air pencucian di buang ke tanah yang jauh dari perairan umum.

Perlengkapan lainnya juga dicuci bersih dengan air mengalir.

Di lain sisi, ketika kegiatan penyemprotan berlangsung, sering kali sprayer mengalami masalah saat akan digunakan.

Berdasarkan observasi, sebagian besarmasalah pada sprayer terjadi akibat rusaknya keran. Keran jika tidak segera diperbaiki ataupun diganti akan mendatangkan kerugian. Dari segi biaya dan aplikasi penyemprotan menjadi tidak efisien karena banyak pestisida yang terbuang.

Masalah lain adalah tersumbatnya bagian spuyer/nozzle. Penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh pestisida yang menggumpal atau karena adanya kotoran. Ketika hal ini terjadi, petani dilarang untuk meniup bagian yang tersumbat karena tiupannya dapat membalik ke arah muka dan menyebabkan muka terpapar oleh pestisida. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

See also  Cara prosedur kerja semen putih depok

Selain tersumbat, spuyer/nozzle juga sering mengalami kerusakan. Apabila dibiarkan saja, pestisida akan terbuang percuma karena semprotan menjadi tidak efisien, selain itu juga bisa menimbulkan risiko bagi penyemprot jika rembesan mengenai badan / punggung belakang.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, maka sprayer perlu dirawat dengan baik.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar kondisi sprayer tetap baik.

Perhatikan dengan teliti bagian-bagian sprayer sebelum penggunaan. Jika mengetahui kerusakan pada satu bagian sprayer maka lebih baik diperbaiki secepatnya atau diganti dengan spare part baru supaya kerusakan tersebut tidak mengakibatkan kerusakan pada bagian lain. Jangan menunggu kerusakan kecil menjadi kerusakan besar.

Gunakan sprayer sesuai dengan peruntukannya. Hindari pemakaian yang tidak perlu dengan sprayer, semisal mengaduk larutan campuran dengan stik sprayer, mencampur larutan di dalam tangki sprayer dengan cara menggoyang tangki sprayer.

Nozzel pada bagian sprayer, lakukan pergantian secepatnya jika terjadi pelebaran lubang semprot dan ganti katup segera jika terjadi kerusakan

Saat menyemprot, gunakanlah air bersih sebagai pelarut.

Gunakanlah saringan yang halus untuk pengisian tangki sprayer agar tidak terjadi tersendatnya nozzle pada sprayer.

Setelah selesai digunakan, cucilah sprayer beberapa kali agar sisa pupuk dan pestisida kering tidak menjadi kerak.

Setelah sprayer sudah kering, beri minyak kelapa sebagai pelumasnya. Bagian yang perlu dilumasi adalah bagian yang bergerak, misal piston. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Sprayer siap disimpan. Penyimpanan sprayer sebaiknya dalam posisi miring atau terbalik, dengan tujuan mengeluarkan air yang tersisa setelah digunakan, hal ini untuk menghindari karat pada bagian pompa tangki sprayer.

See also  Cara membersihkan kaca mata depok

Selalu lakukan perawatan, karena tanpa perawatan sprayer akan mudah rusak

Jika anda membutuhkan sprayer hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=sprayer

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?