Mengenal Paku Keling/Paku Rivet Beserta Cara Pasangnya

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas Mengenal Paku Keling / Paku Rivet Beserta Cara Pasangnya –

 Pemasangan paku keling atau seringpula disebut paku rivet tentunya berbeda dengan pemasangan paku pada umumnya. Paku rivet / paku keling adalah jenis paku yang terbuat dari logam, namun perbedaannya adalah memiliki bagian ujung batang yang cukup besar, sehingga bentuknya sekilas terlihat seperti pedang.

Apabila Anda hendak memasangkan paku rivet, harap dilakukan secara hati-hati. Sebab, pemasangan paku ini bersifat permanen dan jarang akan terlepas lagi. Paku ini paling banyak digunakan sebagai pengikat sambungan besi. Cara pemasangannya pun menggunakan proses pengelingan (riveter).

Penggunaan Paku Keling untuk Sambungan Besi

Paku keling biasanya digunakan apabila adanya kebutuhan antara dua buah atau lebih plat besi yang akan disambung secara permanen. Paku keling memiliki berbagai macam ukuran dan jenis, sehingga penggunannya disesuaikan dengan  material bahan yang akan disambung. Contohnya untuk penyambungan komponen yang lebih lunak dapat menggunakan paku keling berukuran lebih kecil, namun hasil sambungannya tetap permanen. Dalam hal pelepasan paku tersebut, semakin besar ukuran paku keling maka semakin banyak upaya yang perlu dilakukan. Namun, apabila dilepaskan, maka akan ada kerusakan struktur yang terjadi pada komponen yang berkaitan. Untuk itu, perlu dipasang secara tepat dan final.

See also  Pengertian Paku Tembak Pada Konstruksi Bangunan

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemasangan Paku Keling / Paku Rivet

Tergantung pada skala pemasangannya, proses instalasi paku rivet dapat menggunakan beberapa peralatan pendukung, antara lain tang rivet / rivet gun, mesin bor, mesin press, dan mesin pemotong. Peralatan tersebut akan memudahkan proses pemasangan paku keling ke material yang dituju. Agar pemasangan lebih kuat, maka disarankan gunakan mesin hidrolik. Dengan memanfaatkan tenaga dari tekanan uap atau udara, tentunya tekanan dari mesin tersebut perlu disesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran dan strategi pemasangan paku keling tersebut.

Biar Nggak Keliru, Kenali Lagi Jenis-Jenis Sekrup dan Baut Berikut Ini

Langkah-Langkah Pemasangan Paku Keling / Paku Rivet

Pertama, siapkan pelat yang akan disambung. Lalu buat lubang pada plat-plat tersebut. Pastikan ukuran lubang sesuai dengan ukuran paku keling yang hendak digunakan. Sebagai catatan, akan lebih baik bila diameter dari lubang tersebut berukuran 1,5 mm lebih besar dari diameter paku keling untuk menghindari gesekan berlebih antara lubang dengan paku.

 Posisi paku blind rivet untuk dimasukkan ke material

Setelah melakukan pelubangan, maka dilanjutkan dengan memasukkan paku keling ke dalam lubang tersebut. Bagian kepala lepas dari paku keling juga dimasukkan ke dalam lubang yang sama. Proses berikutnya adalah menekan kepala paku keling ke bagian ekornya. Untuk mendukung proses penekanan tersebut, Anda bisa menggunakan mesin press atau mesin penekan khusus dengan daya hidrolis. Untuk paku ukuran kecil, Anda bisa menggunakan hand riveter atau bisa juga menggunakan palu.

Penggunaan Ball-Pein Hammer untuk memasang paku rivet

Setelah sambungan sudah dipastikan cukup kuat, maka Anda tinggal melakukan pemotongan bagian ekor paku yang tersisa. Untuk pemotongan, gunakan alat pemotong khusus. Penggunaan alat tersebut ditujukan agar permukaan sambungan bisa sama dengan permukaan plat yang disambung. Oleh karena itu, diperlukan pemotong yang bisa memastikan hasil pemotongan benar-benar rapi. Itulah kenapa, menggunakan mesin pemotong khusus lebih disarankan ketimbang menggunakan gergaji manual.

See also  Mengenal Jenis Paku Dan Palu

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, alat teknik serta  barang sambungan ada juga alat alat safety. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda depok. Anda dapat chat WhatsApp di 0857 100 3 2801.Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra Alamat Kami di www.teknikdepok.com/alamat Toko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore selamat berbelanja…


Posted

in

by

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?