Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan Dari Bekisting Pada Bangunan

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas jenis bekisting

1. Bekisting Konvensional

Bekisting konvensional adalah bekisting yang materialnya menggunakan kayu. Dalam proses pengerjaannya dipasang dan dibongkar pada lokasi yang dikerjakan. Pembongkaran bekisting dilakukan secara bertahap dengan melepas rangkai komponen pembentuk bekisting setelah beton mencapai kekuatan yang cukup.

Penggunaan bekisting dengan material kayu memiliki kekurangan yaitu penggunaannya tidak dilakukan secara berulang. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari material kayu untuk bekisting kolom sebagai berikut :

Pemakaian bekisting tradisional mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi, karena bekisting tradisional dapat dibuat dan dipakai untuk struktur bangunan dengan bentuk yang bervariasi.

Penggunaan bekisting lebih menghemat biaya pekerjaan bekisting dengan skala pekerjaan kecil.

Material kayu tidak awet untuk dipakai berulang-ulang kali.

Waktu pemasangan dan pembongkaran bekisting relatif lama.

Banyak menghasilkan sampah kayu dan paku.

Bentuknya tidak presisi.

2. Bekisting Semi Sistem (Knock Down)

Dengan berbagai kekurangan dari bekisting konvensional tersebut maka direncanakanlah bekisting knock down, yang terbuat dari material gabungan pelat baja dan besi hollow. Adapun kelebihan dan kekurangan dari penggunaan bekisting knock down sebagai berikut :

Sangat kuat dan mampu menahan beban berat.

See also  Fungsi Dan Keunggulan Dari Semen Putih

Mudah untuk diperbaiki jika ada kerusakan.

Seragam ukuran dan permukaan.

Dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Terbatas ukuran dan bentuk.

3. Bekisting Fiberglass

Material fiber untuk pengganti material kayu merupakan terobosan perencanaan yang lebih efektif. Penggunaan bekisting dengan material fiber adalah untuk mengatasi bentuk struktur yang mengandung arsitektur karena jika menggunakan tipe bekisting sebelumnya akan mengalami kesulitan dalam perencaan bekisting. Bekisting ini memiliki kekuranga dari segi biaya yang cukup tinggi karena adanya material fiber yang digunakan. Berikut ini kelebihan dari bekisting kolom yang menggunakan material fiberglass :

Bahan fiberglass yang bebas lembab dan tidak mengalami perubahan dimensi atau bentuk.

Pemasangan lebih mudah dan tanpa perlu minyak bekisting (oli).

Mempercepat waktu pelaksanaan pekerjaan bekisting.

Tidak berkarat, bagus untuk digunakan pada konstruksi bawah tanah dan lingkungan berair.

Biaya yang efisien dan memiliki kualitas dengan hasil yang baik.

Gampang dipasang dan dilepas sehingga mengurangi biaya upah kerja.

Daya tahan lama.

Tahan panas, ringan, kuat dan kaku.

Ketahanan permukaan yang baik, tahan terhadap benturan dan abrasi.

Dapat dibor, dipaku, diketam, dan diproses seperti digergaji.

Tahan terhadap berbagai cuaca sehingga tidak membutuhkan syarat khusus dalam penyimpanan ataupun pemasangan.

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, alat teknik serta  barang sambungan ada juga alat alat safety. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda depok. Anda dapat chat WhatsApp di 0857 100 3 2801.Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra  Alamat Kami di www.teknikdepok.com/alamatToko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore selamat berbelanja…


Posted

in

by

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?