Jenis Retakan Pada Dinding

Toko bangunan dan alat teknik citra Depok Cinere Beji Citayam Bojong Bekasi studio alam sawangan Parung Bogor Cimanggis Cibinong Cikarang pondok Cina Jakarta. Halo customer Toko bangunan, alat teknik dan sambungan Depok citra baik reseller dan dropshiper. Kami dapat menjadi supplier anda, kami akan melakukan pengantaran sesuai dengan pesanan anda, nama pengirim sesuai dengan nama anda . Kami memiliki 12.000 varian jenis barang dari bahan bangunan, alat teknik dan sambungan. Bila mau order kami siap melayani anda. Pada artikel ini Toko kami akan membahas jenis retak dinding

Jenis Retakan Dinding

Secara umum, jenis retakan dinding terbagi menjadi 3, yaitu retak tarik, retak tekan dan retak susut. Ketiga jenis retakan dinding tersebut memiliki karakteristik yang berbeda – beda dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Yuk, kita kupas lebih mendalam, karakteristik dari ketiga jenis retakan pada dinding tersebut.

Retak Tarik

Retak tarik terjadi dikarenakan adanya penurunan permukaan tanah. Penurunan ini yang menarik konstruksi bangunan yang berada di atasnya, sehingga terjadi pergeseran konstruksi struktural bangunan. Hal ini bisa terjadi pada setiap bangunan dimanapun, tidak hanya pada bangunan yang berdiri di atas kontur tanah yang cenderung bergerak atau tetap.

Pergeseran permukaan tanah cenderung akan berdampak lebih ringan, jika penurunan terjadi secara serentak pada seluruh konstruksi struktural bangunan. Tetapi jika penurunan tersebut bertahap dan titik penurunan tidak menentu, bisa berakibat fatal pada bangunan.

Pada kondisi tertentu, perubahan elevasi akibat penurunan permukaan tanah bisa berbeda – beda pada bangunan. Hal ini yang memicu terjadinya keretakan yang terlihat lebih lebar pada dinding bangunan. Kondisi ini bisa terjadi akibat pemadatan bagian bawah pondasi yang tidak merata. Penyebab lain bisa saja karena erosi yang diakibatkan bagian bawah pondasi terdapat aliran air yang cukup deras.

See also  Cara membuat dak beton depok

Retak Tekan

Retak tekan bisa terjadi akibat pembebanan yang terlalu berat yang diterima oleh dinding, entah beban yang datang dari atas atau datang dari bagian bawah. Retak tekan sering menimpa bangunan yang memiliki lantai lebih dari satu. Beban berat yang diterima oleh dinding bisa diakibatkan oleh kegagalan kolom ringbalk dalam menyalurkan beban secara merata hingga ke bagian kolom sluf dibagian pondasi.

Fungsi sebenarnya dari ring balk yaitu menyalurkan beban secara merata yang datang dari atas, dan dibawa ke bawah hingga sloof pondasi. Retak tekan sering ditandadi dengan bentuk retakan yang cenderung lurus vertikal. Secara kasat mata, itulah ciri utamanya yang mudah diidentifikasi.

Retak jenis ini bisa diatasi dengan menambah jumlah kolom ringbalk, jika memang permasalahannya adalah karena kolom ringbalk yang tidak memiliki kekuatan yang mumpuni untuk menyalurkan beban dengan baik. Tembok retak yang terjadi karena permasalahan ini harus segera diperbaiki.

Retak Susut

Retak susut merupakan jenis retak yang tidak mempengaruhi struktural konstruksi bangunan. Sehingga, retakan dinding yang masuk dalam kategori retak susut akan lebih mudah ditangani dan tidak membutuhkan biaya perbaikan yang besar.

Anda dapat memesan dan membeli semua barang yang ada pada artikel di atas, anda dapat memesan secara online di Tokopedia bukalapak Shoppie dengan nama toko bangunan citra. Anda dapat melihat seluruh katalog produk yang kami jual berupa bahan bangunan, alat teknik serta  barang sambungan ada juga alat alat safety. Toko citra terletak di jalan Margonda raya no 473 Depok, posisi sebrang RS bunda Margonda depok. Anda dapat chat WhatsApp di 0857 100 3 2801.Jika Anda Berminat Silahkan Datang Ke Toko Bangunan citra  Alamat Kami di www.teknikdepok.com/alamatToko kami buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 8 malam. Kecuali hari Minggu, Rabu dan Kamis kami buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 5 sore selamat berbelanja…


Posted

in

by

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?