Kali ini www.teknikdepok.com akan menjelasklan mengenai

Jenis-Jenis dan Fungsi dari Perkakas Tangan – Perkakas tangan merupakan alat yang sangat membantu pekerjaan kita ketika kita sedang melakukan kerjaan mekanik, seperti mengikir, memukul paku, memotong benda kerja, menggores benda kerja dan masih banyak yang lainnya. Sekarang perkakas tangan sudah banyak di jual di toko perkakas. Untuk membantu dalam melakukan pekerjaan mekanik, biasanya perkakas yang digunakan cukup beragam, Untuk perkakas tangan sendiri harus menggunakannya secara manual dengan memanfaatkan kekuatan tangan atau tenaga manusia tanpa adanya bantuan tenaga mesin. Menggunakan berbagai macam perkakas tangan tidak terlalu berbahaya, jika dibandingkan dengan penggunaan perkakas elektrik (Hand Power Tool). “Artikel ini di buat oleh tim www.teknikdepok.com dengan sepenuh hati, jadi Di mohon untuk Tidak men-Copy Artikel ini sembarangan”

Untuk mengetahui masing-masing dari perkakas tangan beserta fungsinya, pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai jenis-jenis perkakas tangan yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut ini jenis-jenis perkakas tangan beserta fungsinya :

  1. Kikir

Kikir merupakan sebuah alat perkakas tangan yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan benda, mengikis dan meratakan benda kerja. Kikir memiliki banyak jenis dengan  bentuk, serta kegunaannya pun berbeda-beda.

2. Pahat tangan

Pahat merupakan perkakas tangan yang digunakan untuk menyayat sekaligus memahat benda dalam keadaan dingin (Padar). Pahat tangan terdiri dari beberapa jenis menurut bentuknya dan kegunaanya. Ada pahat plat yang berfungsi untuk mengikis bidang cembung, memotong baut, meratakan bidang. Lalu, ada pahat yang digunakan untuk membuat alur atau silang yang berfungsi untuk membuat alur minyak, dan alur sempit. Ada juga pahat Dam yang berfungsi untuk memperbaiki pengeboran, membuat alur dan lain sebagainya.

3. Palu (Hammer)

Palu merupakan perkakas tangan yang digunakan untuk memukul benda keras, yang terbuat dari baja dengan kedua ujungnya yang dikeraskan. Terdapat banyak jenis palu yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Seperti palu pencabut paku, palu pemecah batu, palu berkapak, Palu muka simetris, palu karet yang digunakan untuk memukul plat, dan masih banyak jenis palu lain yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

4. Obeng

Obeng merupakan perkakas tangan (Hand Tool) yang digunakan utuk mengencangkan sebuah skrup, berdasarkan penggunaanya, obeng ini digunakan sesuai dengan nomernya, ada obeng nomer 1,2,3 dan masih banyak lagi yang lainnya. “Artikel ini di buat oleh tim www.teknikdepok.com dengan sepenuh hati, jadi Di mohon untuk Tidak men-Copy Artikel ini sembarangan” Kemudian dari segi bentuknya ada obeng yang berkepala Plus (+), kemudian ada yang berkepala minus (-)  dan ada yang berkepala bintang(*).

5. Gergaji Tangan

Gergaji ini berfungsi untuk memotong sebuah benda. Pada setiap sisi gergaji, terdapat gigi pemotong yang bergerigi dan dikeraskan. Daun gergaji tangan juga terbuat dari baja perkakas sekaligus baja Tungsten. Ada banyak jenis-jenis dari gergaji tangan, yaitu :

6. Tang

Tang merupakan salah satu perkakas tangan yang berfungsi untuk menjepit benda kerja dan bahkan ada yang digunakan untuk memotong kawat. Biasanya tang rata-rata digunakan untuk memotong kawat jika digunakan di lingkungan tumah. Selain itu ada banyak jenis-jenis tang yang bisa anda gunakan.

7. Jangka (Compass)

Ada banyak jenis-jenis jangka yang biasa digunakan untuk perkakas tangan. Masing-masing jangka memiliki fungsinya masing-masing.

8. Cap (Stamp)

Cap atau stamp biasa terbuat dari baja paduan yang tidak dikeraskan, karena sifatnya harus ulet (Tought) dan cukup keras bisa mengalahkan benda yang akan distempel. stempel adalah alat yang digunakan untuk mencetak angka-angka atauhuruf pada benda kerja.

Stempel digunakan untuk menandai / memberi identitas suatu produk yang terbuat dari logam. Stempel ini juga dapat digunakan sebagai tanda kepemilikan dari masing-masing benda kerja yang dibuat. Untuk lingkungan industri, biasanya benda kerja ini digunakan untuk nomer-nomer rangka atau tangggal pembuatan produk.

9. Penyiku

Biasanya penyiku digunakan untuk menyiku benda kerja. Siku-siku geser biasanya digunakan untuk mengetahui kesikuan atau pembanding kesikuan sudut yang tidak membentuk 90 derajat, sedangkan siku-siku dipergunakan untuk mengetahui sudut yang dibentuk adalah tepat 90 derajat.

10. Ragum

Ragum merupakan alat yang biasa digunakan untuk menjepit benda kerja. Untuk membuka ragum caranya yaitu putar tangkai/tuas pemutar ke arah kiri ( Berlawanan Jarum Jam ), maka batang yang berputar akan menarik landasan tidak tetap pada rahang tersebut. Sedangkan untuk mengencangkan ragum, kalian bisa memutarnya kembali searah jarum jam, maka rahang tidak tetap pada ragum akan mendorong benda kerja.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

jika Anda membutuhkan berbagai macam kebutuhan alat teknik? dan yang lainnya ? Tidak perlu pusing, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya dengan mengunjungi Store kami yang beralamat www.teknikdepok.com/alamat
Toko kami menyediakan lebih dari 12.200 varian Alat teknik dan bangunan, Anda bisa datang ke Toko kami SETIAP HARI Karena Kami buka dari jam 7 pagi sampai jam 18.30 malam Kecuali untuk hari MINGGU-JUMAT-KAMIS kami hanya buka dari jam 7 pagi-5 sore

Selain toko Offline kami juga memiliki Toko Online di link bawah ini

 https://www.tokopedia.com/citrabangunan

Ingin Alat teknik Grosir? hubungi nomer 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 (Whatsapp)

atau Anda ingin membeli Bahan bangunan yang besar dan banyak? bisa hubungi Marketing kami di Nomer

0851 0000 2579 atau 0851 004 39 630 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“Artikel ini di buat oleh tim www.teknikdepok.com dengan sepenuh hati, jadi Di mohon untuk Tidak men-Copy Artikel ini sembarangan”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *