Jenis-jenis Mesin Gerinda (Grinding Machine) Depok Jakarta

Jenis-jenis Mesin Gerinda (Grinding Machine)

Mesin Gerinda adalah salah satu mesin perkakas dengan mata potong jamak, dimana mata potongnya berjumlah sangat banyak yang digunakan untuk mengasah/memotong benda kerja dengan tujuan tertentu. “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” Prinsip kerja mesin gerinda adalah batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.

Jenis-Jenis Mesin Gerinda

Berdasarkan hasil operasi penggerindaan, mesin gerinda dikelompokkan atas :

A.Mesin gerinda datar/surface grinding machine

Mesin gerinda datar adalah mesin gerinda dengan teknik penggerindaan mengacu pada pembuatan bentuk datar, bentuk, dan permukaan yang tidak rata pada sebuah benda kerja yang berada di bawah batu gerinda yang berputar. Pada umumnya mesin ini di gunakan untuk menggerinda permukaan yang meja mesinnya bergerak horizontal bolak-balik. Meja ini dapat diopersikan manual maupun otomatis. Pencekaman benda kerja dengan cara diikat pada kotak meja magnetik.

Menurut sumbunya, mesin ini dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

Mesin gerinda datar horizontal dengan gerakan meja bolak-balik. Mesin ini digunakan untuk menggerinda benda-benda dengan permukaan rata dan menyudut.

Mesin gerinda datar horizontal dengan gerakan meja berputar. Mesin jenis ini digunakan untuk menggerinda permukaan rata poros.

Mesin gerinda datar vertikal dengan gerakan meja bolak-balik. Mesin ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan rata dan lebar serta menyudut.

Mesin gerinda datar vertikal dengan meja berputar, fungsi mesin ini sama dengan mesin gerinda datar horizontal meja bolak-balik.

Bagian-bagian utama mesin gerinda datar:

mesin-gerindra-datar

Keterangan:

Spindel pemakanan batu gerinda Penggerak pemakanan batu gerinda.

See also  Tipe Finishing Penetrating Sealers

Pembatas langkah meja mesin

Sistem hidrolik Penggerak langkah meja mesin.

Spindel penggerak meja mesin naik turun

Spindel penggerak meja mesin kanan-kiri

Tuas pengontrol meja mesin

Panel kontrol Bagian pengatur prises kerja mesin.

Meja mesin Tempat dudukan benda kerja yang akan digerinda.

Kepala utama Bagian yang menghasilkan gerak putar batu gerinda dan gerakan pemakanan.

B.Mesin gerinda silinder/cylindrical grinding machine

Adalah jenis mesin gerinda dengan benda kerja yang mampu di kerjakan adalah benda dengan bentuk silinder. Jenis mesin ini dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

Mesin gerinda silindris luar

Mesin gerinda silindris dalam

Mesin gerinda silindris universal

Mesin gerinda silindris luar tanpa senter

Bagian –bagian mesin gerinda silinder:

mesin-gerindra-silinder

Keterangan:

Kepala utama Bagian yang menghasilakan gerak putar roda gerinda.

Spindel utama benda kerja (Workhead) Bagian yang mengatur kecepatan putar dan pencekaman benda kerja.

Kaki mesin Sebagai pendukung mesin

Panel kontrol Bagian pengatur proses kerja mesin

Meja bawah Dudukan meja atas

Meja atas Tempat dudukan kepala lepas di spindel utama benda kerja dan dapat diatur sudutnya.

Kepala lepas (Tailstock) Menyangga benda kerja pada pencekaman diantara dua senter.

Perlengkapan pendingin Tempat pengatur aliran cairan pendingin

C.Mesin gerinda potong/tool grinding machine

Mesin ini hanya digunakan untuk pekerjaan presisi, yaitu menajamkan (mengasah) berbagai jenis cutting tool seperti mata pahat bubut, mata bor, dan lain-lain. Juga digunakan memperhalus (finishing) bentuk silinder, taper, internal, dan surface dari benda kerja yang mengharuskan ketelitian. Mesin gerinda ini dibagi menjadi dua, yaitu :

Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas potong seperti pisau frais, reamer, dan sejenisnya.

Perlengkapan mesinnya untuk pengasahan dapat diputa-putar atau digeser sesuai dengan bentuk benda “dilarang untuk meng-copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com tolong cantumkan sumber jika anda ingin meng-copy data kami” kerja yang diasah. Batu gerinda pada waktu pengasahan digerakkan dengan tangan melalui handelnya secara bolak-balik. Benda kerjaq diputar dengan tangan melalui perlengkapan penjepitnya.

See also  Beberapa Cara Pemasangan Foil Pada Atap Pabrik Yang Belum Anda Ketahui!

Mesin gerinda untuk pengasahan perkakas potong seperti pahat potong mesin  bubut dan pengasahan mata bor.

Benda kerjanya didorong ke arah batu gerinda yang berputar. Mesinnya tidak mempunyai meja, diganti dengan perlengkapan lainyang dapat digeser derajatnya sesuai dengan sudut-sudut pada benda kerja yang diasah.

Berdasarkan konstruksinya, mesin gerinda dikelompokkan menjadi :

A.Mesin gerinda berdiri

Mesin gerinda berdiri merupakan mesin gerinda yang terpasang pada kakinya yang tinggi. Mesin gerinda ini juga disebut dengan mesin gerinda lantai, karena diletakkan langsung pada lantai.

B.Mesin gerinda duduk ( bench grinder)

Mesin gerinda duduk merupakan mesin gerinda yang pemasangannya dengan cara diikat dengan baut pada meja kerja. Mesin gerinda ini digunakan untuk mengasah perkakas potong berukuran kecil seperti mata bor, pahat dingin/pahat tangan, pahat bubut, dan pahat sekrap serta untuk penggerindaan benda kerja dengan pengurangan bahan yang kecil. Batu gerinda dipasang pada kedua ujung poros dan digerakkan dengan motor listrik atau tangan, dimana pada poros sebelah kanan dipasang batu gerinda halus. Hal ini dimaksudkan supaya mesin gerinda ini memiliki dua kegunaan, yaitu sebagai pemotong benda kerja dengan batu gerinda kasar dan sebagai pengasah perkakas potong dengan batu gerinda halus.

C.Mesin gerinda tangan

Mesin gerinda ini merupakan jenis mesin gerinda dimana gaya penggeraknya diteruskan dari engkol ke roda gerinda melalui transmisi roda gigi. Mesin gerinda ini merupakan mesin yang serba guna karena dapat digunakan untuk menggerinda atau memotong benda logam, kayu, bahan bangunan, kaca dan juga dapat digunakan untuk memoles mobil.

D.Mesin gerinda horizontal

Mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan bidang rata. Benda kerja dijepit pada meja yang dapat bergerak lurus bolak-balik secara otomatis atau dengan gerakan tangan. Roda gerinda dapat digerakkan melintang meja dan naik turun.

See also  Tips Dan Trik Ini Dya Cara Mudah Menghilangkan Dempul Mobil Yang Tebal

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis mesin gerinda semoga bisa menambah wawasan Anda. KlikTeknik menjual berbagai macam mesin gerinda dan batu gerinda sesuai kebutuhan anda dengan harga yang sangat terjangkau dan kualitas yang terjamin.

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini

https://www.tokopedia.com/citrabangunan?source=universe&st=product&keyword=mesin%20gerinda

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll.

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?