Perbedaan spand dan bondek depok

Dalam sebuah konstruksi, baja ringan adalah salah stau material yang memiliki banyak peran. Beberapa diantaranya adalah untuk sistem bekisting, pembuatan langit-langit, sampai untuk aplikasi rangka atap bangunan.

Lebih Jauh Mengenal Spandek dan Bondek

Sedikit mengulas tentang penulisan pada produk baja ringan ini yaitu penulisan kata “spandek” berbeda dengan “spandex” dari jenis dan fungsinya sangat bersebrangan, Spandex sendiri merupakan material pada garment atau jenis kain.

Ada dua jenis produk baja ringan yang akan dibahas di sini, yaitu spandek dan bondek. Bondek adalah produk baja ringan yang berfungsi dalam sistem bekisting, sistem penguatan, dan aplikasi langit-langit sebuah rumah maupun gedung yang sangat efisien. Aplikasinya cukup serbaguna dan kuat sebagai pelat beton.

Bentuknya ialah berupa lembaran baja ringan yang telah diterima secara luas oleh industri bangunan dan konstruksi untuk menawarkan efisiensi waktu, biaya dan kecepatan konstruksi.

Baik spandek dan bondek sama-sama penting. Meskipun digunakan dalam aplikasi yang berbeda. Dalam hal ini, bondek lebih banyak digunakan sebagai bekisting permanen dengan penyangga minimal. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Keunggulannya Bondek

  1. Bondek dengan lembaran bergelombangnya mudah dan cepat dipasang
  2. Tenaga kerja yang dibutuhkan lebih sedikit
  3. Bekerja sebagai slab hemat komposit
  4. Mampu menjadi platform kerja yang aman
  5. Awet dan tahan lama
  6. Tahan korosi dengan campuran bahan dari alumunium
  7. Desain canggih dan terlihat modern
  8. Memiliki ketahanan terhadap api
  9. Bekerja sebagai penguat dengan penghematan pelat komposit

Itulah beberapa kelebihan dari bondek sebagai bahan konstruksi yang saat ini banyak digunakan di Indonesia maupun negara lain dengan tujuan lebih menyederhanakan pengerjaan konstruksi. Meskipun demikian, bondek juga memiliki beberapa kelemahan dalam aplikasinya

Kekurangan bondek dalam aplikasi konstruksi ialah:

  1. Plat bondek harus dipotong dengan alat khusus. Untuk lebih mudah dalam pemasangannya, pemesanan bondek harus disesuaikan dengan pengukuran bidang cor yang akan diaplikasikan bondek di atasnya sebagai pelapis. Jika kurang sesuai dan harus dipotong, maka harus memakai alat khusus, yaitu: angel grinder. Alat ini dipakai karena baja ringan bondek bukanlah material yang mudah dipotong.
  2. Perlu tenaga kerja berpengalaman dalam memasang bondek. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan saat pemasangan. Sebagai akibatnya, akan terjadi pemborosan material.
  3. Pemasangan bondek yang maksimal fungsinya ialah pada cor dak yang memiliki balok dan plat pet.
  4. Untuk penyambungan butuh alat khusus dan harus dikerjakan oleh mereka yang berpengalaman. Pemasangan ini memakai las listrik. Kerugiannya ialah, Anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk listrik.
See also  Macam-Macam Termometer Secara Umum

Itulah beberapa kelebihan maupun keunggulan dari bondek. Meskipun merupakan elemen dalam konstruksi yang modern dan canggih, namun pemasangannya juga harus hati-hati dan teliti. Dengan demikian, maka bisa mendapatkan hasil terbaik seperti yang diharapkan.

Secara umum, sebagian besar spandek dan bondek dibuat dari baja ringan jenis galvanis. Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk memakai jenis baja lain yang kualitasnya hampir sama. Untuk bondek sendiri, desainnya sengaja digunakan sebagai lapiasan dasar cor beton. Kebanyakan pada rumah bertingkat maupun gedung pada umumnya.

Sebagai gambaran, rumah bertingkat jaman dulu memakai sejenis triplek terbal sebagai alas cornya. Nah sekarang, agar lebih praktis sekaligus kuat, maka digunakan bondek sebagai pengganti papan triplek tebal tersebut.

Memang penggunaan baja ringan pada spandek dan bondek lebih membuat konstruksi kuat dan tak butuh renovasi hingga waktu yang lama. Berbeda dengan material lainnya yang mudah rusak dan rapuh. Maka bondek menjadi pilihan untuk konstruksi bangunan modern saat ini.

Spandek dan bondek adalah dua produk konstruksi yang sama-sama terbuat dari baja ringan.  Bukan hanya terbuat dari baja galvanis. Ada pula spandek yang terbuat dari Zinc Alumunium disebut juga dengan istilah Zincalume. Bahan tersebut lalu ditambah pula silicon pada spandek untuk hasil terbaiknya

Aluminuim sendiri berguna bagi spandek untuk melindunginya dari ancaman korosi atau karat. Sedangkan untuk zinc, fungsinya adalah memberikan kekakuan bentuk.

Spandek adalah jenis baja ringan yang dipakai dalm konstruksi untuk atap modern yang anti karat dan memiliki desain serta warna yang menarik. Seringkali pemilihan spandek ini dikarenakan unsur estetikanya yang sangat kuat. Pemasangannya cocok untuk rumah-rumah dan bangunan di perkotaan karena mencerminkan gaya hidup modern pemiliknya. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

See also  Pertolongan Pertama Saat Menemukan Kebocoran Air Di Dapur

Memang, spandek dan bondek keduanya sangat cocok untuk jenis bangunan modern dan masa kini. Untuk spandek ini, bisa dipakai untuk jenis aplikasi:

  1. Penutup atap gudang pabrik
  2. Sebagai garasi canopy mobil
  3. Sebagai atap tempat tinggal
  4. Bisa pula untuk dinding bangunan

Untuk ketebalannya, spandek sangatlah beragam. Ada yang memiliki ketebalan lapisan AZ100, AZ150. Ukuran dan spesifikasi spandek ini tergantung dari masing-masing produsen yang menyediakan produk spandek.

Tidak menutup kemungkinan, dari satu produsen dan produsen yang lain, kualitas pandek bisa berbeda.

Jika masih ragu ingin memilih jenis atap yang mana, maka perlu mengetahui lebih dalam mengenai spandek. Berikut ini beberapa kelebihan atap spandek

Kelebihan Atap Spandek

  1. Merupakan jenis atap yang kuat dan kokoh
  2. Tahan lama meskipun terkena hujan dan matahari sepanjang tahun
  3. Memiliki aneka pilihan warna yang menarik hingga menambah unsur estetika sebuah bangunan
  4. Bentuknya bergelombang dan lebar hingga mudah dipasang.
  5. Karena dibuat dari baja ringan, maka spandek lebih tahan terhadap api

Spandek yang memakai galvalum juga sangat berkualitas. Galvalum adalah jenis baja ringan dan tipis. Meskipun demikian, sangat kuat dan tahan lama untuk aplikasi seperti atap maupun dinding bangunan.

Untuk berbagai keperluan, spandek ini juga bisa dipotong hingga mampu memenuhi kebutuhan berbagai pekerjaan konstruksi yang kita miliki. Jadi, pada intinya, bahan pembuat untuk spandek dan bondek tidak berbeda. Hanya dimensi dan ukuran serta aplikasinya yang berbeda.

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

See also  Manfaat dan fungsi tali tambang Depok Jakarta

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah inihttps://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=span

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?