timbangan gantung mini toko bangunan depok

Toko Citra Bangunan Depok menjual timbangan gantung

“Datjin”, Mengukur dan Menimbang secara Manual

Toonbankbascule atau biasa disebut timbangan kodok dengan kapasitas 10 kg dan 15 kg.

Bandul timbangan dalam berbagai ukuran berat mulai dari 5 kiligram hingga 27,5 kg (paling kiri).

Pita korelasi/rondo yang digunakan untuk mengukur dan memperkirakan berat ternak besar.

Berbagai alat ukur panjang-skala.

Alat timbang gantung (atas) dan alat timbang duduk (bawah).

Datjin mengadopsi dari kata daatse (Belanda) merujuk pada sebuah alat timbang yang pada masa lalu dikenal dengan sebutan timbangan dacin/dacing. Alat timbang tersebut banyak ditemui di pasar-pasar tradisional untuk menimbang barang jualan seperti beras, jagung, daging, serta barang dagangan lain. Prinsip timbangan cukup sederhana. Barang yang ditimbang diletakkan berseberangan dengan bandul pemberat. Dalam posisi yang setimbang, berat benda yang ditimbang setara dengan berat bandul/pemberat yang memiliki ukuran berat tertentu.

Di Indonesia, timbangan dan ukuran sudah ada sejak zaman Hindu-Buddha, seperti yang terpahat dalam relief Candi Borobudur. Adanya perbedaan cara mengukur, bentuk timbangan, maupun satuan ukuran kerap membuat perselisihan pada masa itu, contohnya 1 pikul di Jawa berbeda dengan 1 pikul di Sumatera. Praktik yang berlaku pun sampai saat ini pun masih ditemukan misalnya pembelian beras-jagung eceran dalam ukuran liter ataupun kilogram.

Pada tahun 1621 saat Gubernur Jenderal JP Coen berkuasa, diperkenalkan alat ukur berat bernama Daatse atau Dacing, dengan memberikan kewenangan hak untuk membuat dan menyebarkan alat ukur ini kepada para mayor atau pemuka bangsa Cina di Batavia. Pada awal mendatangkan alat-alat ukur dari daratan Cina dengan bahan kayu hitam.

Baru pada tahun 1923 alat ukur ini diperbarui dengan datangnya timbangan-timbangan buatan Eropa dengan bentuk dan gunanya bermacam-macam. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Di beberapa tempat, masyarakat menyebut timbangan yang sering dipakai di pasar-pasar tradisional (Toonbankbascule) dengan sebutan timbangan kodok. Kapasitas timbang sesuai ukuran besar timbangan mulai dari 1 kg hingga 15 kg. Untuk keperluan penimbangan yang lebih berat digunakan jenis timbangan gantung dan timbangan duduk dengan kapasitas timbang mulai dari puluhan kilogram hingga ratusan kilogram.

Alat timbang banyak dpakai untuk berbagai keperluan sehingga bandul ukur yang digunakan disesuaikan kebutuhan mulai dari berat dalam besar gram hingga puluhan kilogram. Penjual emas dan logam mulia menggunakan bandul ukur dalam ukuran gram berbentuk potongan lempeng logam. Alat timbang pada masa lalu juga digunakan untuk keperluan menghitung berat benda pos (surat, paket barang) yang akan dikirimkan oleh masyakarat.

Alat Ukur Lain

Selain alat timbang (timbangan) untuk mengetahui berat benda, dipamerkan pula alat ukur untuk mengetahui panjang serta volume benda. Pedagang kain menggunakan sebatang kayu dalam ukuran tertentu untuk mengukur panjang kain yang akan dibeli konsumen.

Untuk keperluan yang lebih kompleks, pengukuran jarak digunakan alat theodolit. Sementara mistar skala digunakan untuk mengukur ketinggian permukaan air pada sebuah sungai, waduk, atau bendungan. Untuk mengetahui estimasi berat badan ternak besar ruminansia dengan mengukur lingkar dada ternak tersebut dengan menggunakan pita korelasi/rondo.

Material bandul, alat ukur panjang, serta skala, dibuat dari bahan yang kuat, awet, relatif tidak mengalami perubahan bentuk, berat, dan ukuran, sehingga dipilih bahan-bahan berasal dari logam dan kayu yang memiliki pemuaian kecil.

Jika anda membutuhkan timbangan gantung hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=timbangan

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan