Fungsi Dan Jenis Kawat Las Depok

kawat las toko bangunan depok

Toko bangunan citra depok menjual kawat las.

Fungsi Dan Jenis Kawat Las

Sebagai bagian dari material yang digunakan untuk mengelas ,kawat las ada berbagai macam.

Kawat las atau yang sering disebut dengan elektroda adalah suatu material yang digunakan untuk melakukan pengelasan listrik yang berfungsi sebagai pembakar yang akan menimbulkan busur nyala. Sebagai salah satu bagian penting dalam proses pengelasan, maka pengguna harus memahami kegunaan dari masing-masing jenis elektroda.

A. Jenis Kawat Las Berdasarkan Selaput Pelindungnya, Elektroda Dibedakan Menjadi Dua Macam Yaitu:

elektroda poloselektroda berselaput

  Elektroda berselaput terdiri dari dua bagian dengan fungsi yang berbeda, yaitu:

1. Bagian Inti Elektroda, Yang Berfungsi:Sebagai penghantar arus listrik dari tang elektroda ke busur yang terbentuk, setelah bersentuhan dengan benda kerja.Sebagai bahan tambah “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

    Sedangkan untuk bahan, inti elektroda dibuat dari logam ferro dan non ferro, seperti baja karbon, baja paduan, aluminium, kuningan dan lain-lain.

2. Bagian Salutan Elektroda, Yang Berfungsi:Untuk memberikan gas pelindung pada logam yang dilas, melindungi kontaminasi udara pada waktu logam dalam keadaan cair.Membentuk lapisan terak, yang melapisi hasil pengelasan dari oksidasi udara selama proses pendinginan.Mencegah proses pendinginan agar tidak terlalu cepat.Memudahkan penyalaan.Mengontrol stabilitas busur.

Salutan pada elektroda yang telah dibuka dari bungkusnya, harus disimpan di dalam kabinet pemanas atau oven dengan suhu 15 derajat lebih tinggi dari suhu udara luar, sebab lapisan tersebut sangat peka terhadap kelembaban. Apabila dibiarkan lembab, maka akan menyebabkan hal-hal sebagai berikut:

See also  Cara memangakas ranting yang tinggi dengan gunting dahan Depok

Salutan mudah terkelupas, sehingga sulit untuk dinyalakan

Percikan yang berlebihan

Busur tidak stabil

Asap yang berlebihan

B. Pemilihan Elekroda

Dari dua jenis elektroda tersebut, maka pemilihannya haruslah tepat dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu:

Jenis logam yang akan dilasTebal bahan yang akan dilasKekuatan mekanis yang diharapkan dari hasil pengelasanPosisi pengelasanBentuk kampuh benda kerja

C.Fungsi Kawat Las Edzona

Kawat las sendiri juga digolongkan dalam beberapa jenis, tergantung dari logam yang akan dilas. Salah satunya adalah elektroda yang digunakan untuk problem steel atau penyangga dan stainless steel atau baja tahan karat.

Untuk kebutuhan aplikasi tersebut, ada beberapa macam yaitu:

EDZONA-100, digunakan untuk penyambungan baja yang tidak sama jenisnya. Eletroda ini memiliki ketahanan terhadap keretakan yang sangat baik dan sangat cocok untuk menyambung baja yang sulit dilas serta sebagai buffer layer yang ulet untuk baja yang sangat sensitif terhadap keretakan, atau sebagai landasan sebelum dilakukan pengelasan hard facing. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

EDZONA-108, elektroda stainless steel yang sangat umum dan luas penggunaannya. Memiliki kekuatan tensile tinggi serta deposit lastanpa porosity, membuat EDZONA 108 cocok untuk kontruksi berat. Selain itu, kawat las ini juga digunakan untuk perbaikan atau untuk pengelasan seperti tangki dan pipa pengolahan makanan, obat-obatan, minuman, farmasi, kosmetik, arsitektural, dll.

EDZONA-109, kawatlas stainless steel yang serbaguna, dapatmenyambungdenganbaik stainless steel dengan baja karbon atau baja paduan. Elektrod aini cocok digunakan untuk perbaikan atau pengelasan seperti baja karbon, baja alloy rendah, besi, berbagai jenis stainless steel dan penggabungan dari bahan-bahan tersebut.

See also  Pengertian Timah Solder?

EDZONA-110, memiliki ketahanan panas yang sangat tinggi, termasuk 1100ºC-1200ºC, tanpa ada tanda-tanda rusak atau karbonasi. Sangat sesuaiuntuk problem steel, terutama pada cast steel juga cast iron dengan kandungan karbon rendah. Proses perbaikan yang menggunakan elektroda ini adalah komponen industri logam, oven, tungku pembakaran, boiler, komponen incinrator, galvanizing, komponen hydrolic, perbaikan as dan roda gigi, dll.

EDZONA-112, solusiun tuk segala problem dalam pengelasan berbagai macam baja. Memiliki banyak kelebihan yang membuatnya cocok untuk pengelasan baja karbon, baja perkakas, baja pegas, baja mangan dan baja tuang stainless steel.

EDZONA-116, elektroda dengan kandungan Molibdenum yang memberikan ketahanan extra terhadap korosi bahan kimia, sehingga cocok untuk keperluan pengelasan stainless steel pada pabrik pengolahan bahan kimia.

Jadi anda harus tepat dalam memilih jenis kawat las yang akan digunakan.kami www.materialbahanbangunan.com.menjual berbagai jenis kawat las yang anda butuhkan baik kg an maupun pak.s3gera hubungi kamib,maka kami akan siap melayani anda. “mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Jika anda membutuhkan paku pines hubungi kami di www.materialbahanbangunan.com

Anda bisa mendapatkan semua bahan yang diperlukan di atas di toko kami www.teknikdepok.com/alamat

Grosir / request alat teknik dan bangunan yang cukup sulit WHATSAPP only ya 0857-1003-2801 atau https://wa.me/6285710032801 Kita menyediakan admin khusus, silahkan chat wa di nomor tersebut. Jam aktif nya di jam 7 pagi – 5.30 sore setiap senin-sabtu.epok.com/alamat

Toko kami BUKA SETIAP HARI bisa mengunjungi Tokopedia kami di bawah ini https://www.tokopedia.com/tokotoilet?keyword=kawat

atau untuk melihat katalog produk kami yang lain Anda dapat lihat pada website kami di www.teknikdepok.com

See also  Cara Membuat Talang Air dari Beton Depok

Khusus pemesanan bahan bangunan yang besar, seperti triplek, tangki air, seng, pipa, dll

bisa hubungi nomer 0896 9596 9949 atau 7888 1702 ( khusus telfon)

“mohon tidak meng copy artikel ini sembarangan karena artikel ini dibuat oleh tim www.teknikdepok.com mohon sertakan sumber bila anda memang mau meng copy data kami”

Selamat Berbelanja, Kami Tunggu Kedatangan dan Pesan


Posted

in

by

Tags:

Chat kita.
Mau order lewat WA dan dikirim gojek?
Ada yang bisa aku bantu?